Kembangkan Teknologi Digital, Literasi Harus Ditingkatkan

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
19 May 2022 15:40
Pertemuan DEWG 20 Kedua di Yogyakarta

Jakarta, CNBC Indonesia - Rangkaian kegiatan pendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah dilaksanakan di Grha Sabha UGM pada Rabu (18/5). Adapun kegiatan pada hari itu memiliki tema Digital Experts Talk 'Unpacking the Metaverse: Akselerasi Literasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan'

Dalam kegiatan tersebut, Research Manager Center for Digital Society, Universitas Gadjah Mada (CfDS UGM), Anisa Pratitan mengatakan jika pemanfaatan dan pengembangan teknologi digital harus dilakukan dengan bijaksana.

"Pengembangan teknologi digital harus disertai dengan peningkatan literasi digital masyarakat," ujar Anisa dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).


Anisa menuturkan hal tersebut perlu dilakukan lantaran melihat fenomena digitalisasi yang semakin nyata. Selain itu, fenomena tersebut dikatakannya harus didukung dengan kesadaran masyarakat untuk 'mengamankan diri sendiri' dalam penggunaan teknologi tersebut.

Dia menambahkan, pihaknya terus mendorong upaya peningkatan literasi digital melalui berbagai kegiatan yang inklusif dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Termasuk rangkaian kegiatan Kelas Kecerdasan Digital, dan Pelatihan Keamanan Siber," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membahas peluang dan tantangan kemajuan teknologi digital dalam forum Digital Economy Working Group (DEWG) G20. Dia mengungkapkan, salah satu gagasan yang diangkat pada pembahasan isu DEWG ialah people-centered digital connectivity.

"Ini berasal dari konsep pembangunan infrastruktur digital negara-negara G20. Pembangunan infrastruktur digital tidak hanya fokus pada aspek teknis saja, melainkan juga memastikan setiap pembangunan dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusianya, termasuk dalam konteks teknologi masa depan seperti Metaverse dan blockchain," jelasnya.

Seperti diketahui pertemuan DEWG G20 yang berlangsung di Yogyakarta membahas ketiga isu prioritas. Pembahasan melingkupi konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, dan arus data lintas batas negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan!


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading