Disebut Sarang NFT Bajakan, OpenSea Rombak Sistem

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
17 May 2022 12:55
Screenshot marketplace NFT Opensea

Jakarta, CNBC Indonesia - Marketplace NFT (non fungible tokken) terbesar di dunia, OpenSea memperbaharui sistemnya dengan menambahkan fitur baru guna mendorong peredaran NFT yang autentik.

Ini sebagai usaha untuk mematikan peredaran NFT jiplakan atau yang disebut sebagai "copymint" makin marak. Penjiplak menerbitkan NFT (yang disebut sebagai minting) menggunakan konten hasil kreasi orang lain, yang diduplikasi utuh atau dengan sedikit modifikasi.

Beberapa NFT populer menjadi sasaran, misalnya Bored Ape Yacht Club yang di-mint dalam bentuk yang diputar balik. Meskipun pemilik NFT yang asli bisa tenang, karena teregistrasi di dalam blockchain. Peredaran NFT jiplakan membuat konten kreasi yang autentik terkubur sehingga sulit ditemukan.


Februari lalu, OpenSea menyatakan 80 persen dari NFT yang mereka tendang dari platform justru diciptakan oleh perangkat minting yang disediakan OpenSea secara gratis.

OpenSea kini menerapkan sistem deteksi duplikat dua tingkat. Pertama, platform itu akan menerapkan teknologi pengenalan citra digital (image recognition) untuk memindai semua NFT yang ditawarkan dan membandingkannya dengan koleksi NFT yang autentik.

Teknologi tersebut akan mencari potensi konten yang dirotasi, diputar, dan modifikasi lainnya. Kemudian, manusia juga akan dilibatkan untuk memutuskan penghapusan.

"Kami berkomitmen untuk menemukan cara terbaik antara memastikan platform yang bebas copymint dan memberikan ruang untuk konten remix berkembang," tulis OpenSea di blog-nya.

Kedua, OpenSea juga menerapkan verifikasi akun. Mereka akan mulai menyediakan formulir verifikasi untuk akun yang volume koleksinya melampaui 100 eth. Koleksi yang dimiliki oleh akun yang telah diverifikasi akan disertai oleh centang biru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

NFT Bikin OpenSea Jadi Toko Grosir, Jual Baju Hingga Seblak!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading