Ada Fitur NFT di Spotify, Steve Aoki Pamer Koleksi

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 May 2022 16:55
FILE PHOTO: The Spotify logo is displayed on a screen on the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., May 3, 2018. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Musisi dan penyanyi kini bisa pamer koleksi non-fungible token (NFT) milik di Spotify. Fitur NFT di Spotify mulai meluncur untuk artis kolektor seperti Steve Aoki dan The Wombats.

Spotify, menurut The Verge, tengah menguji coba fitur NFT untuk pengguna aplikasi streaming musik tersebut di platform Android di Amerika Serikat.

"Spotify tengah menjalankan tes yang membantu sekelompok kecil artis untuk mempromosikan NFT yang mereka tawarkan di laman profil," kata juru bicara Spotify kepada Music Ally yang dikutip oleh The Verge. Kami secara rutin menguji beberapa fitur untuk meningkatkan pengalaman artis dan penggemarnya."


Makin banyak perusahaan berusaha memanfaatkan gelombang NFT meski saat ini trennya mulai mereda. Menurut The Wall Street Journal, penjualan harian NFT anjlok 92% dari 225.000 transaksi pada September 2021 ke hanya 19.000 transaksi pada Mei 2022. Jumlah dompet digital penyimpan NFT yang masih aktif juga berkurang, dari 119.000 pada November 2021 menjadi hanya 14.000 pada akhir April 2022.

Menurut Music Ally, Spotify tidak punya rencana untuk mengutip komisi dari penjualan NFT yang dilakukan melalui aplikasi streaming mereka.

Daftar koleksi NFT milik artis di Spotify ditampilkan di laman profil, setelah daftar lagu dan deskripsi artis. Jika salah satu NFT diklik, pengguna bisa melihat versi NFT yang lebih besar dalam versi statis beserta deskripsinya.

Spotify juga memberikan opsi "See More", yang mengarahkan pengguna ke halaman NFT di OpenSea. Di sini, pengguna bisa menyaksikan versi "aktif", baik untuk NFT versi video dan GIF maupun NFT berbentuk konten musik. Penggemar juga bisa membeli koleksi tersebut di OpenSea untuk ditambahkan ke dompet mereka.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

NFT Bikin OpenSea Jadi Toko Grosir, Jual Baju Hingga Seblak!


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading