Harga Kripto Berguguran, Bos Tokokripto: Jangan Panik

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 May 2022 14:00
FILE PHOTO: Representations of the Ripple, Bitcoin, Etherum and Litecoin virtual currencies are seen on a PC motherboard in this illustration picture, February 13, 2018. Picture is taken February 13, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa hari terakhir harga kripto di pasaran mengalami penurunan. Termasuk Terra LUNA yang amblas mencapai 96% hanya dalam waktu sehari.

COO Tokocrypto yang juga Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda angkat bicara terkait hal ini.

Dia mengatakan industri aset kripto berada di pasar baru dan inovasi. Siklus naik dan turun sebenarnya biasa terjadi dan kondisi market kripto juga sejalan dengan situasi pasar modal yang sedang tertekan, menurutnya.


"Market kripto pasti akan rebound. Namun, sulit untuk memprediksi kondisi pasar ketika dalam kondisi market bearish. Saat ini melihat aksi jual yang luas di market, sepertinya tidak dapat dihindarkan, tapi ini bukan saatnya untuk panik," jelas Teguh dalam keterangannya yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Jika pasar modal kembali pulih, Teguh berharap hal yang sama juga terjadi di kripto. "Kenaikan suku bunga acuan yang terlalu kencang tentu akan menghambat pertumbuhan konsumsi dan investasi, dua motor utama penggerak pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Selain itu dia menyoroti sejumlah hal yang mengganggu sentimen para investor. Beberapa diantaranya ketegangan antara Rusia dan Ukraina, inflasi memburuk, masalah rantai pasokan, fluktuasi harga minyak, pertumbuhan yang melambat di China serta kekhawatiran dampak Covid-19.

"Di samping itu, drama stablecoin UST dan kripto LUNA juga membuat market terpukul. sistem algoritmik stablecoin yang merupakan salah satu inovasi dari teknologi blockchain, sedang diuji untuk bisa menyelesaikan masalahnya," kata Teguh.

Manda, sapaan akrabnya mengharapkan sentimen positif bisa terjadi dalam beberapa waktu depan. Dengan begitu bisa mendorong market ke arah lebih baik.

"Diharapkan dalam beberapa waktu ke depan, ada sentimen positif yang bisa mendorong market ke arah yang lebih baik lagi," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Jenius Jahat Biang Kerok Harga Terra LUNA Anjlok 98%?


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading