Aset Kripto

Kisah Terra LUNA: Lompat ke Rp1,7 Juta, Anjlok ke Rp 6 Ribu!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
12 May 2022 11:45
terra luna crypto

Jakarta, CNBC Indonesia - Aset kripto Terra LUNA sedang jadi sorotan sepekan ini. Alasannya harga uang kripto ini turun sampai 98% hanya dalam sepekan padahal aset kripto ini sempat menjadi primadona investor.

Menurut CoinmarketCap, pada Kamis (12/5/2022) pukul 10.47 WIB, Terra LUNA diperdagangkan pada US$0,45 per dolar atau setara Rp 6.525 per koin (asumsi Rp 14.500/US%) , padahal sepekan lalu, harganya menyentuh US$86,7 (Rp 1,26 juta) per koin.

Padahal Terra LUNA sempat mendapat perhatian besar dari investor kripto. Initial coin offering (ICO) Terra LUNA dilakukan pada 2019. Setelah itu harganya cenderung terus meningkat.


Pada April 2022, Terra LUNA mencatatkan harga tertinggi sepanjang masa senilai USS119,18 per koin atau Rp 1,73 juta. Terra LUNA juga pernah menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar keenam dengan nilai US$40 miliar. Setelahnya perlahan namun pasti harganya anjlok dalam.

Terra LUNAFoto: Pergerakan harga aset kripto Terra LUNA (Doc. CoinMarketCap)

Lantas apa itu Terra LUNA? Sejatinya aset kripto ini bernama Terra dengan kode perdagangan LUNA. Ini adalah proyek berbasis blockchain yang dikembangkan oleh Terra Labs di Korea Selatan.

Terra LUNA memiliki ambisi sebagai platform yang menciptakan stablecoin yang dikaitkan dengan uang resmi yang diterbitkan oleh bank sentral. Tujuannya untuk mendukung sistem pembayaran global dengan settlement yang cepat dan terjangkau seperti Alipay di blockchain.

Terra LUNA memiliki peran yang vital untuk menstabilkan harga dari Terra stablecoin dan mengurang volatilitas pasar. Ketika stablecoin turun sedikit maka Terra LUNA akan dijual atau dibakar (dihancurkan) untuk menstabilkan harga. Salah satu yang Terra stablecoin paling populer adalah TerraUSD dengan kode perdagangan UST, seperti dikutip dari CoinDesk, Kamis (12/5/2022).

Biang Kerok Harga Terra LUNA Anjlok 98%
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading