Ternyata Segini Gaji CEO Startup di Indonesia

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 May 2022 11:55
Infografis: Mau Investasi Saham Tapi Gaji di Bawah UMR? Nih Caranya!

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan modal ventura Monk's Hill Ventures dan startup solusi ketenagakerjaan Glints merilis laporan yang bertajuk The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report. Kedua perusahaan tersebut melakukan studi terkait gaji para pelaku di dunia startup, salah satunya gaji pokok yang diterima CEO (Chief Executive Officer) dan CTO (Chief Technology Officer).

Dengan metode wawancara mendalam dengan lebih dari 20 pendiri startup di Singapura, Indonesia, Vietnam serta ditambah beberapa pendiri di Thailand laporan itu mengungkapkan kisaran gaji bagi para petinggi startup.

Kompensasi gaji pokok CEO dan CTO, bergantung pada tahap pendanaan startup, rata-rata gaji pokok CEO dan CTO akan meningkat sesuai dengan pendanaan yang didapat. Kenaikan bayaran hingga 1,3 kali lipat terjadi pada saat perusahaan berhasil memasuki tahap pendanaan US$5 juta-US$10 juta.


Laporan itu menyebutkan, gaji pokok CTO rata-rata secara konsisten lebih tinggi dari gaji CEO. Perincian kisaran gaji pokok untuk CEO di tahap pendanaan US$0-US$5M.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa CEO sering bersedia mengambil pemotongan gaji demi rekan kerja mereka yang fokus di bidang teknis, yang biasanya sangat dihargai dan dianggap sebagai aset langka bagi perusahaan.  Di sisi lain, CTO memiliki lebih sedikit ekuitas dan dibanding dengan CEO.

Median Gaji CEO dan CTO Startup
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading