Sebulan Rp 40 Juta, Ini Daftar Gaji Developer di Startup RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 May 2022 11:45
Sarinah Thamrin (CNBC Indonesia/Tri Susillo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Posisi software engineer atau developer perangkat lunak menjadi pekerjaan yang paling diburu di mayoritas startup, baik di Singapura, Indonesia, maupun Vietnam.

Tak heran gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Namun demikian, perlu pengalaman beberapa tahun agar gaji dapat signifikan.

Menurut riset dari Glints dan Monk's Hill Ventures, untuk posisi software engineer di startup Indonesia, gaji pokok per bulan fresh graduate ada di kisaran US$300 hingga US$1.000 (sekitar Rp 4,3 juta - Rp14 juta) untuk posisi Junior Software Engineer.


Setelah memiliki pengalaman beberapa tahun, gaji pokok yang mereka terima akan meningkat signifikan menjadi US$1.400 - US$2.800 (sekitar Rp 20 juta - Rp 40 juta).

Menurut para pendiri atau founder startup, VP of Engineering adalah salah satu karyawan yang paling penting. Sebagai hasilnya, kompensasi gaji untuk profesi ini sangat tinggi.

Di Indonesia, posisi VP atau Head of Engineering berkisar antara US$2.800 - US$7.100 (Rp 40 juta - Rp 103 juta) tergantung pada tahap pendanaan perusahaan.

Masih dalam laporan yang sama, startup yang berbasis di Singapura di Seri B dan seterusnya membayar gaji pokok bulanan para VP Engineering mulai dari US$7.500 hingga US$10.000, dengan jatah saham mulai dari 0,3% - 1,2%.

Sedangkan di Vietnam, perusahaan tahap awal membayar rata-rata US$1.000 - US$5.000 untuk jabatan ini, US$5.000 - US$6.000 untuk startup setelah tahapan pendanaan Seri A, dan US$8.000 - US$10.000 untuk Seri B ke atas

Berdasarkan hasil wawancara dengan manajer HRD, startup teknologi besar dan startup tahap akhir. di tiga negara tersebut, gaji pokok per bulan yang ditawarkan bervariasi, tergantung pada pengalaman dan tahap pendanaan startup.

Berikut ini tawaran gaji yang diberikan startup untuk posisi engineer:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Segini Gaji CEO Startup di Indonesia


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading