Peran Besar Perempuan Tingkatkan Literasi Keuangan di RI

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 April 2022 14:58
Pluang

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pandemi selama dua tahun terakhir menyebabkan berbagai perubahan pada kehidupan masyarakat, dan membuka peluang untuk terobosan layanan keuangan digital. Dalam pembahasan Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengungkapkan pentingnya peran perempuan dalam percepatan digitalisasi, perubahan industri keuangan di Indonesia, dan peningkatan literasi keuangan.

Melalui diskusi bersama bersama Brand Ambassador Pluang, Chelsea Islan, dia pun menekankan besarnya peran women-tech di era disrupsi digital saat ini.

"Pertama, kami melihat data dan statistik yang tersedia, terjadi peningkatan investor sebanyak 92,7% secara year-on-year. Kedua, kami juga melihat pain points yang menjadi halangan generasi muda untuk berinvestasi, seperti salah satunya adalah kepercayaan. Ketiga, kami membangun solusi untuk memecahkan pain points tersebut guna mewujudkan potensi yang ada," tegas Claudia dalam keterangan tertulis belum lama ini.


Adapun menurut dia, salah satu tantangan yang dihadapi adalah adanya gap antara inklusi finansial dan literasi finansial. Hal ini menjadi tugas pemerintah, pelaku industri, partisipasi dari publik untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan.

Dalam momentum Hari Kartini, Claudia mengapresiasi para perempuan, khususnya bagi mereka yang telah berkeluarga dan menjadi seorang ibu sekaligus bekerja.

"Perlu diingat, perempuan pun dapat aktif dan mandiri dalam melakukan pekerjaan yang mereka sukai selama masih bernilai positif," ungkap dia.

Sementara itu, Chelsea Islan selaku Brand Ambassador Pluang turut mengajak generasi muda untuk berinvestasi sedini mungkin.

"Karena dengan bertumbuhnya nilai investasi yang dimiliki, maka investor tersebut bisa semakin mengamankan finansial di masa mendatang mereka, sehingga akan lebih mudah untuk mencapai kebebasan finansial," imbuh Chelsea.

Claudia bersama Chelsea juga menegaskan bahwa berinvestasi membutuhkan strategi yang tepat. Salah satunya adalah diversifikasi investasi.

"Kenali profil risiko, pahami tujuan investasi, gunakan platform yang aman dan teregulasi, siapkan dana investasi, investasikan hasil imbal investasi, serta lakukan diversifikasi portofolio. Tips dari aku, sekarang tidak perlu repot diversifikasi, sekarang cukup gunakan aplikasi Pluang yang bisa langsung menyediakan akses investasi ke emas digital, saham AS CFD, reksa dana, aset kripto, hingga Micro E-Mini Index Futures," tutup Chelsea.

Diketahui Pluang dibangun dengan menawarkan berbagai kelas aset investasi dalam satu platform yang juga didukung dengan interface ramah pengguna. Biaya investasi di Pluang mulai dari Rp 10.000 dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

KTT Y20 Jadi Peluang Startup RI Eksis di Arena Global


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading