BTN Super App, Pintu Masuk Ekosistem Perumahan?

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
18 February 2022 08:23
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Haru Koesmahargyo

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak bisa dimungkiri kebutuhan masyarakat sebagai konsumen terkait perumahan atau di sektor perumahan tidak hanya sebatas akses kredit pemilikann rumah (KPR). Berbagai kebutuhan lain, seperti dekorasi, perawatan atau maintenance hingga renovasi pun sering muncul di masa purna jual.

Untuk itu, diperlukan produk dan layanan untuk memenuhi segala kebutuhan konsumen tersebut, yang tentu akan semakin baik bila bisa didapatkan hanya melalui gawai atau smartphone. Sesuai dengan tren digitalisasi dan perubahan gaya hidup masyarakat akibat pandemi Covid19, kehadiran aplikasi super (super app) di ekosistem perumahan adalah sebuah keharusan.

"Dengan adanya pandemi, digital is a must, sangat aksesibel dan mudah. Saat ini orang makin mencari optimalisasi aplikasi, sudah di rumah saja, dalam 1 genggaman. Aksesibilitas nasabah," tukas Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), Haru Koesmahargyo Kamis (17/2/2022).


Dia menjelaskan, BTN tengah bersiap untuk membuat ekosistem perumahan secara digital. Melalui super app, diyakini hal tersebut bisa terwujud dengan mengintegrasikan aplikasi BTN dengan aplikasi-aplikasi dari startup dan para pemangku kepentingan lainnya di sektor perumahan atau properti.

Keberadaan super app ini diharapkan bisa menemani perjalanan hidup dan memenuhi kebutuhan nasabah. Tidak Cuma sebatas membeli rumah saja.

"Perjalan seseorang membeli rumah pertama, tinggal dan tumbuh lagi, beli rumah baru, menyewakan dan siklus selanjutnya jual. Jadi kami akan menyediakan aplikasi yang nanti ekosistem ini, ada akses kepada housing eksosistem BTN Properti. Ada supply chain, punya B2B dan e mitra untuk kemudahan transaksi pengembang," papar Haru.

'Journey' nasabah, lanjutnya dalam CNBC Indonesia Property Outlook 2022, diharapkan bisa terpenuhi dengan aplikasi super ini. Proses pembelian dan pencarian rumah bisa dilakukan secara digital, karena di dalam aplikasi ini nantinya juga aka nada pameran virtual, lokasi dan tipe bahkan hingga pengembangnya siapa akan bisa diakses oleh nasabah.

"Ke depan semua terhubung dalam 1 pintu super app BTN ini akan melingkupi semua termasuk aplikasi eksternal. Ekosistem di luar banyak aplikasi yang lain, di bidang perumahan, arsitek, jasa-jasa konstruksi dan lain-lain masuk ke sana agar sekalian masuk 1 pintu. Bisa akses yang terkait dalam sektor itu," tutur Haru.

Tidak ketinggalan tentunya sebagai bank yang notanene ada di koridor jasa keuangan, aktivitas yang terkait transaksi pembayaran bisa dilakukan melalui aplikasi super tersebut. Mulai dari pembayaran cicilan rumah, listrik, PBB dan iuran lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perusahaan Properti Mulai Incar Bisnis Data Center


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading