NFT Bikin OpenSea Jadi Toko Grosir, Jual Baju Hingga Seblak!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 January 2022 15:05
NFT (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepopuleran NFT nampaknya mulai meluas di Indonesia. Namun platform OpenSea yang digunakan khusus untuk menjual NFT itu berubah layaknya toko grosir.

Sejumlah warganet mengabadikan jualan tak biasa itu di OpenSea dan membagikan ke Twitter. Ternyata OpenSea berisi jualan mulai dari pakaian hingga makanan seperti seblak dan cilor.

Beberapa diantara pengguna Twitter menyayangkan perubahan penjualan di OpenSea. Ada yang mengatakan menjadi banyak sampahnya hingga penuh dengan manusia latah.


Saat menjelajahi laman OpenSea benar saja banyak akun yang menjual barang-barang tidak biasa itu. Sebab biasanya yang dijual untuk NFT berbentuk digital seperti foto, video, hingga musik.

NFTFoto: Penampakan NFT Seblak di OpenSea (Doc tangkapan layar OpenSea)

CNBC Indonesia pada Senin (12/1/2022) mencoba mencari barang-barang tersebut dengan keyword sederhana, seperti Seblak, Baju, dan Cilor. Hasilnya banyak yang menyertakan gambar asli dari obyek tersebut.

Misalnya saja saat mencari kata seblak hasilnya mulai dari ilustrasi makanan tersebut hingga foto asli seblak. Tidak diketahui tujuan penjualan tersebut dan apakah pembeli bisa mendapatkan makanan dalam bentuk fisik atau hanya gambar saja.

Harganya pun beragam dari 0,002 ethereum hingga 0,007 ethereum dengan beragam tampilan seblak tersebut.

Hal yang sama juga dicoba dengan mencari baju. Ada yang menampilkan kaos, kemeja, dan juga baju batik. Selain itu, di Opensea juga ada yang menjual cilor, nasi, hingga makanan-makanan lain.

Tak sampai di sana, publik juga dikagetkan ada yang menjual KTP. Bukan hanya satu tapi dengan jumlah banyak di platform Opensea, beserta gambar KTP utuh yang memperlihatkan seluruh data diri pemilik kartu tersebut.

Nampaknya akun yang dimaksud warganet itu sudah dihapus dari OpenSea. Tapi saat mencari kata KTP saja, masih ditemukan tampilan seperti nomor KTP atau kartu beserta data diri masyarakat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Jual Foto KTP Jadi NFT, Ini Bahaya Besar yang Mengancam


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading