Cara Cek Tiket Vaksin Ketiga di PeduliLindungi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 January 2022 16:15
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga jenis Pfizer kepada warga saat vaksinasi booster Covid-19 di RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia sudah memulai penyuntikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 sejak pekan lalu. Dosis tambahan ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan sudah disuntik dosis kedua enam bulan sebelumnya. Ini sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO).

Untuk tahap pertama ini vaksinasi booster diberikan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan memiliki penyakit kelainan imunitas. Jadi bagi kamu yang belum masuk kelompok ini harap bersabar untuk menunggu giliran untuk divaksin booster.


Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, suntikan Booster ini akan diprioritaskan terlebih dahulu kepada lansia dan kepada kelompok rentan. Kategori kelompok rentan adalah mereka yang memiliki penyakit komorbid maupun mereka yang memiliki penyakit-penyakit kelainan imunitas.

"Pemerintah mengambil kebijakan bahwa vaksinasi booster ketiga ini diberikan untuk mereka yang lansia dan yang memiliki kerentanan yang punya komorbid dan merupakan orang dengan kelainan imunitas," ujar Nadia pekan lalu, Senin (17/1/2022).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan prioritas booster akan diberikan pada kelompok masyarakat lansia dan rentan penderita immunokompromais. Tiket dan tanggal penyuntikan bisa dilihat di website atau aplikasi PeduliLindungi.

"Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2," ujarnya.

Berikut cara mengecek tiket vaksin ketiga dapa aplikasi PeduliLindungi atau situs website pedulilindungi.id:

Website PeduliLindungi.id

  • Masuk ke Pedulilindungi.id
  • Cek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan nama lengkap dan NIK
  • Klik Periksa.

Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi Peduli Lindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu Profil, lalu tekan 'Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan terlihat
  • Untuk mengecek tiket vaksin, masuk ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin.

Kementerian Kesehatan sendiri telah menetapkan campuran vaksin Covid-19 yang akan digunakan sebagai booster vaksin. Namun masyarakat disarankan untuk tidak memilih-milih booster vaksin yang akan digunakan. Berikut campuran booster vaksin Covid-19 yang disetujui Kemenkes saat ini:

1. Regime 1

Vaksin Primer Sinovac:Booster 1/2 dosis Pfizer.

2. Regime 2

Vaksin Primer Sinovac:Booster 1/2 dosis AstraZeneca.

3. Regime 3

Vaksin Primer AstraZeneca:Booster 1/2 dosis Moderna.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Booster Vaksin Covid, Kemenkes Siapkan yang Gratis & Berbayar


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading