Booster Vaksin Covid-19 Gratis, Cek Kamu Dapat atau Tidak

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
12 January 2022 14:15
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga jenis Pfizer kepada warga saat vaksinasi booster Covid-19 di RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pemberian vaksin booster gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia di berusia 18 tahun ke atas. Mulai Rabu (12/1/2022), Pemerintah juga resmi akan memulai suntikan vaksin dosis ketiga (booster) kepada masyarakat umum.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, suntikan Booster ini akan diprioritaskan terlebih dahulu kepada lansia dan kepada kelompok rentan. Kategori kelompok rentan adalah mereka yang memiliki penyakit komorbid maupun mereka yang memiliki penyakit-penyakit kelainan imunitas.

"Pemerintah mengambil kebijakan bahwa vaksinasi booster ketiga ini diberikan untuk mereka yang lansia dan yang memiliki kerentanan yang punya komorbid dan merupakan orang dengan kelainan imunitas," ujar Nadia dalam PROFIT CNBC Indonesia, Rabu (12/1/2022).


"Jadi memang betul salah satu daripada tujuan kita untuk melakukan percepatan vaksinasi Booster ini adalah upaya untuk menekan yang laju penularan yang memang sudah kemarin baik, tapi kalau sekarang kita lihat ada tren peningkatan," tambah Nadia.

Vaksinasi Booster ini dikatakan Nadia juga sebagai langkah untuk menjaga momentum agar laju penularan yang sudah ditekan, kembali lagi kepada kondisi penularan yang sangat meningkat seperti pada bulan Juni hingga Juli tahun lalu.

"Ini yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk kemudian mempercepat pelaksanaan vaksinasi ini, dan tentunya kita sudah itu kita sudah siapkan bahwa sesuai dengan arahan presiden bahwa vaksinasi Booster ini akan disediakan gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia," tutur Nadia.

Sebagai informasi, biaya vaksin booster ketiga diambil pemerintah dari anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional tahun ini yang berjumlah Rp 414 triliun. Di mana porsi untuk kesehatan adalah Rp 117 triliun.

Selain itu, tidak semua dosis vaksin booster dibeli pemerintah, karena ada beberapa yang dihibahkan. Oleh karenanya, kemungkinan anggarannya tidak akan sebesar vaksin dosis pertama dan kedua.

Berikut cara mengecek jadwal dan tiket vaksin booster, melalui website dan aplikasi Peduli Lindungi:

Melalui Website PeduliLindungi.id

  • Masuk ke Pedulilindungi.id
  • Cek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan nama lengkap dan NIK
  • Klik Periksa.

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi Peduli Lindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu Profil, lalu tekan 'Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan terlihat
  • Untuk mengecek tiket vaksin, masuk ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading