Kemenkes Bicara Riset Booster Vaksin Covid Lawan Omicron

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
04 January 2022 15:10
Siti Nadia saat memberikan keterangan pers. (Dok: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemberian vaksinasi baik sampai dosis ketiga tidak otomatis membuat tubuh kebal terhadap paparan virus COVID-19.

Penelitian dari Yale University dengan Kementerian Republik Dominika dan lembaga lainnya ini menemukan bahwa dua dosis vaksin Sinovac plus satu booster vaksin Pfizer belum ampuh melawan Covid-19 varian Omicron.

Menanggapi temuan itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi memang tidak memberikan proteksi sampai 100% terhadap penularan virus COVID-19.


"Jadi semua orang yang sudah divaksin itu memiliki kemungkinan tetap tertular," kata dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (4/1/2022).

Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah mendapatkan dosis vaksin lengkap. Karena, lanjut dr. Nadia, vaksinasi dan protokol kesehatan akan meningkatkan efektivitas dalam mencegah penularan virus COVID-19.

"Vaksin efektif melindungi kasus-kasus berat, bahkan kematian. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Afrika Selatan, itu proteksi yang diberikan oleh [vaksin], orang tidak sakit berat itu sampai 77%. Jadi, risiko tetap ada. Tapi sudah berkurang," tegas dia.

Selain itu, efektivitas vaksin juga tergantung dari kekebalan kelompok masing-masing. Namun, orang yang sudah divaksin memiliki proteksi lebih tinggi terhadap paparan virus dibanding mereka yang belum mendapatkan vaksinasi.

"Jadi ketika dikatakan bahwa Sinovac (dosis I), Sinovac (dosis II), Pfizer (dosis III), tidak bisa menghadapi Omicron, mungkin saja. Karena vaksin ini tidak memberikan perlindungan 100% terhadap penularan. Tapi terhadap sakit berat dan kematian bisa turun sampai dengan 77%," pungkas dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kemenkes: Booster Vaksin Sifatnya Pilihan, Bukan Kewajiban


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading