Tokopedia Ungkap Target Besar di 2022, Ini Penjelasannya

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
07 December 2021 17:43
Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran perusahaan rintisan atau startup dinilai dapat menjadi kunci transformasi ekonomi Indonesia melalui new economy. Persaingan kompetisi antarperusahaan juga diprediksi dapat memberikan lingkungan ekonomi digital yang baik.

Dalam menjadi pemimpin pasar ekonomi digital, Vice Chairman & Co Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengatakan ke depannya, pihaknya harus dapat beradaptasi dengan baik.

"Apa yang kita lakukan pertama harus membantu pemulihan ekonomi Indonesia, mendorong percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. Kita tahu sudah banyak sekali bisnis UMKM baik kecil, sedang, maupun besar yang sudah transformasi digital, tapi memang ada beberapa masih belum," ujar Leon dalam acara CNBC Awards 2021 'The Most Inspiring Tech Company', Selasa (7/12/2021)


Untuk itu, Tokopedia berkomitmen memberikan bimbingan dan pelatihan yang rutin kepada para pengusaha. Tokopedia juga memiliki tim yang terdiri dari komunitas yang akan saling berbagi untuk membantu, serta pusat edukasi seller, yang memiliki topik-topik tentang pemula, serta dari sisi edukasi.

Dari sisi inovasi Tokopedia selalu berinovasi. Tokopedia juga melihat di luar kota besar, bahkan di luar pulau Jawa, aktivitas ekonomi sudah mulai meningkat. Hal tersebut tidak lepas dari peran Tokopedia lewat Toko Cabang.

"Ini sangat esensial, ketika orang sudah mulai fasih dengan digital dan mendapatkan transaksi yang cukup, tentu saja kita harus menciptakan support system dengan beberapa subsistem. Yang kita lakukan itu Toko Cabang supaya mereka bisa ekspansi ke luar daerah mereka dengan lebih baik, dan dengan lebih efisien," tutur Leon.

Selain itu, Leon dan pihaknya juga melihat banyak dari pengusaha yang membutuhkan solusi keuangan. Dalam hal ini Tokopedia memberikan support system dengan permodalan.

"Kita ada The Merchant, ada juga bagian investment, bisa dimunculkan macam-macam solusi keuangan dan juga pembayaran juga," tambahnya.

Selain itu, dengan Mitra Tokopedia, Leon dan pihaknya mendorong pengusaha di luar jangkauan yang belum sepenuhnya online dan masih berbasis uang tunai.

Meski telah memberikan support system yang maksimal, tentu Tokopedia juga mengalami tantangan. Namun, Leon mengungkapkan tantangan tersebut dihadapi pihaknya dengan semangat kolaborasi.

Leon menilai, UMKM yang terhubung dengan digitalisasi membuat mereka dapat bertahan, bahkan berkembang di segala jenis tantangan.

"Tantangan ini termasuk yang paling utama, jadi kita harus bimbing, edukasi, dan dampingi terus. Kemudian kita bikin pusat edukasi seller Tokopedia, materinya sudah banyak videonya juga banyak, yang tingkat pemula ada yang tingkat lanjutan juga ada," terang Leon.

Leon pun berharap agar dapat mendorong digitalisasi dengan lebih baik. Ia juga berharap agar support system Tokopedia selalu mendukung pengusaha untuk berjualan secara online, dengan layanan finansial, logistik, dan pembayaran yang baik.

Tantangan lainnya adalah pengusaha yang beralih sistem offline ke online dalam Mitra Tokopedia, karena mereka yang selama menjalankan usaha lewat warung dan kios, tidak bisa dipaksa langsung karena pelanggan mereka yang juga seperti komunitas.

"Jadi kita datang tidak cuma buat belanja, tapi sekalian berdiskusi berbagi cerita di dunia offline. Kita bisa bantu dengan cara kita memberikan Mitra Tokopedia sehingga network dari mereka mereka tidak kehilangan kesempatan untuk berjualan," tutup Leon.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading