Rusia Sebut Keselamatan Awak ISS Prioritas Utama, Kenapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 November 2021 16:30
This image made from NASA TV shows the international space station, seen from the SpaceX Crew Dragon spacecraft Saturday, April 24, 2021. The recycled SpaceX capsule carrying four astronauts has arrived at the International Space Station, a day after launching from Florida. (NASA via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan antariksa Rusia mengatakan "prioritas utamanya" adalah keselamatan awak Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station). Pernyataan ini dikeluarkan usai AS menuduh Moskow menempatkan para astronot di bawah ancaman dengan serangan rudal.

Pada Senin (15/11/2021), AS mengutuk keras uji coba anti-satelit Rusia. Uji coba itu menyerang satelit Rusia dan menciptakan lebih dari 1.500 keping puing yang mengancam orbit bumi dan ISS. Akibatnya kru ISS sempat bergegas ke pesawat ruang angkasa mereka untuk keselamatan.

"Bagi kami, prioritas utama adalah tetap memastikan keselamatan kru tanpa syarat," ujar Roscosmos, bagian dari badan antariksa Rusia, seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/11/2021).


Badan ini menambahkan "sistem peringatan otomatis untuk kondisi berbahaya" terus memantau situasi untuk mencegah dan melawan semua kemungkinanan acaman terhadap keselamatan ISS dan awaknya.

Para pejabat AS mengatakan mereka tidak diberitahu sebelumnya tentang tes tersebut. NASA mengatakan awak di atas pos orbit, saat ini empat orang Amerika, seorang Jerman dan dua orang Rusia, dibangunkan dan dipaksa untuk berlindung di kapal pesawat luar angkasa mereka.

Menurut perusahaan analisis industri luar angkasa Seradata, target rudal itu adalah Cosmos 1408, satelit intelijen sinyal Soviet 1982 yang telah mati selama beberapa dekade.

Langkah ini telah menghidupkan kembali kekhawatiran tentang perlombaan senjata luar angkasa yang berkembang, yang mencakup segala hal mulai dari pengembangan satelit yang mampu mengeluarkan satelit lain dari orbit hingga senjata laser.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! Alarm Kebakaran Stasiun Luar Angkasa Menyala, Ada Apa?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading