Wah! Astronot Temukan Benda Luar Angkasa yang Terus Meledak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 November 2021 17:05
Wisata luar angkasa. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Para ahli astronomi menemukan sebuah obyek di antariksa meledak berulang kali. Bahkan dari waktu singkat mencapai lebih dari 1.600 kali.

Obyek itu merupakan sumber ledakan radio cepat (Fast Radio Burst -FRB). Ini merupakan fenomena antariksa aneh yang ditemukan pada 2007 dan TechRadar mencatat hanya sedikit yang diketahui.

Ada semacam pola dari FRB. Kebanyakan melepas energi dalam sekali sedangkan beberapa diantaranya melakukannya berulang kali, dikutip Selasa (2/11/2021).


Salah satu FRB adalah FRB 121102 berada di galaksi kecil sekitar3 miliar tahun cahaya dari kehidupan manusia. Para peneliti menggunakan Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope (FAST) untuk menelitinya beberapa kali sambil mengumpulkan data.

"Awalnya hanya mengumpulkan stempel," kata Bing Zhang, seorang astrofisika di Universitas Nevada, Las Vegas.

Ternyata FRB 121102 meledak 1.652 kali dalam pengamatan 60 jam. Dengan kecepatan kira-kira satu ledakan setiap 30 detik.

FRB disebut cukup sulit dipelajari. Karena hampir lebih sering ditemukan di luar galaksi kita dan berada dalam jarak yang jauh.

Namun ada sedikit kemajuan saat FRB ditemukan di galaksi Bima Sakti. Temuan itu terjadi tahun 2020 dan para ilmuwan bisa mengidentifikasi sebagai magnetar. Sebagai informasi, magnetar adalah mayat bintang yang dikenal sebagai bintang neutron.

Namun Tech Radar menambahkan masih terlalu cepat mengetahui apakah seluruh obyek merupakan magnetar. Bisa juga magentar hanya salah satu kemungkinan sumber FRB.

Belum diketahui cara magnetar untuk mengeluarkan FRB. TechRadar mengatakan cukup sulit untuk mengetahui apa yang harus dicari pada FRB 121102.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Idenya Gak Habis-habis! Elon Musk Mau Bisnis Baju Antariksa


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading