Astronot Tak Bisa Pakai Toilet di Kapsul SpaceX, Ini Sebabnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 November 2021 10:35
This March 3, 2021 photo made available by SpaceX shows mission specialist Thomas Pesquet of the European Space Agency, pilot Megan McArthur and commander Shane Kimbrough of NASA, and mission specialist Akihiko Hoshide of the Japan Aerospace Exploration Agency, the crew for its third astronaut launch to the International Space Station, at the SpaceX training facility in Hawthorne, Calif. (SpaceX via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para astronot NASA menemui masalah baru dalam perjalanan pulang ke Bumi bulan ini. Mereka yang akan menumpang kapsul SpaceX yak bisa menggunakan toilet.

Pejabat NASA mengatakan empat astronot misi Crew-2 dilarang menggunakan toilet di kapal tersebut. Sebab ada kemungkinan kebocoran urin di toilet yang sebelumnya terlihat di penerbangan sipil Inspiration 4 bulan September lalu, dikutip Space, Selasa (2/11/2021).

Sejak masalah itu, SpaceX telah mendesain ulang toilet. Agar masalah yang sama tidak terjadi lagi di masa depan.


"Tujuan kami untuk tidak menggunakan sistem sama sekali saat perjalanan pulang karena apa yang telah kita lihat dengan cairan yang kita bicarakan," jelas manajer program kru komersial NASA, Steve Stitch.

"Kami punya cara lain untuk kru melakukan fungsi yang mereka butuhkan".

Jadi NASA memiliki solusi dengan 'pakaian dalam' dalam pengelolaan limbah yang digunakan saat astronot dalam spacesuit untuk peluncuran, pendaratan atau spacewalks.

Menurut Stitch solusi ini adalah hal biasa bagi kru untuk perjalanan pulang. Serta menambahkan telah menjadi cadangan setiap penerbangan luar angkasa.

"Ini biasa menggunakan pakaian dalam dan mereka menggunakannya dalam perjalanan pulang," kata dia.

Keempat orang yang ikut pulang ke Bumi adalah Shane Kimbrough dan Meghan McArthur dari NASA, Akihiko Hoshide yang merupakan astronaut Japan Aerospace Exploration Agency dan astronaut European Space Agency bernama Thomas Pesquet.

Mereka meluncur dari Bumi pada April lalu. Diharapkan keempat orang itu bisa kembali pulang pada 4 November 2021 mendatang.

Namun kemungkinan akan tertunda. Sebab SpaceX dan NASA menunda peluncuran misi bantuan Crew-2 dan CCrew-3 hingga Selasa hari ini karena cuaca buruk. Jadi keempat orang itu akan pulang setelah melakukan serah erima dengan kru baru yang akan datang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Potret Astronaut SpaceX yang Baru Kembali dari Luar Angkasa


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading