Menguak Misteri Pencipta Uang Kripto Shiba Inu yang Naik 700%

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 November 2021 13:55
In this Wednesday, Dec. 23, 2015 photo, Shinjiro Ono hugs his Shiba Inu Maru at Ueno Park in Tokyo. This bundle of fun and fur is a 7-year-old Shiba Inu who has been top dog on Instagram for several years. Marutaro has 2.2 million followers on Instagram. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Uang kripto Shiba Inu mendadak tenar. Banyak investor yang mengumpulkan koin berlogo anjing lucu ini. Dampaknya harganya sudah naik 777% dalam 30 hari.

Saat ini harga Shiba Inu berada di level US$0.0007062 per koin. Kapitalisasi pasarnya mencapai US$38,116 miliar atau yang terbesar ke-9. Maksimal uang Shiba Inu yang beredar di pasar mencapai 550 triliun koin, seperti dikutip dari Coinmarketcap, Senin (1/11/2021).

Lantas siapa pencipat Shiba Inu dan berapa total kekayaannya saat ini?


Shiba Inu diciptakan oleh seorang pria anonim bernama Ryoshi, dalam bahasa jepang artinya nelayan, pada Agustus 2020. Ia menyebut dirinya bukan siapa-siapa.

"Upaya untuk membuka kedok 'identitas' saya bahkan jika berhasil akan mengecewakan. Saya hanyalah seorang pria tanpa konsekuensi yang mengetuk keyboard dan saya dapat diganti. Saya Ryoshi," ungkapnya seperti dikutip dari New.com.

Ryoshi menggambarkan inkarnasinya sebagai "hadiah untuk diri sendiri" yang seharusnya membantu dalam "proses aktualisasi yang diwujudkan melalui arena bermain blockchain".

Etos kripto adalah itu dimaksudkan untuk menyatukan dan menjadi egaliter. "Dengan shiba, kami sejak awal menjelaskan bahwa tidak ada yang bertanggung jawab," menurut postingan tersebut.

"Tidak ada orang yang bertanggung jawab, tidak ada orang yang bertanggung jawab, dan tidak ada entitas yang memiliki kunci kerajaan.," ungkapnya. "Hasil akhir dari ini adalah Anda bertanggung jawab."

Hal yang mengejutkan, sang penemu mengaku bahwa dia tidak memiliki satu pun token shiba inu.

"Jika saya melakukannya, maka saya tidak bisa menjadi diri saya sendiri. Saya tidak bisa murni dan tidak bias jika saya khawatir tentang harga naik turun dan mengambil keuntungan."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading