Elon Musk Rilis Foto Anjing, Harga Kripto Shiba Inu Meroket

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 October 2021 15:02
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk talks at the Automotive World News Congress at the Renaissance Center in Detroit, Michigan, U.S., January 13, 2015. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga uang kripto Shiba Inu tiba-tiba melesat kencang pada perdagangan hari ini. Itu setelah Elon Musk mengunggap foto anjing Shinu Iba sebagai anggota baru keluarganya di Twitter.

Foto itu memperlihatkan anjing Shiba Inu bernama Floki duduk di Tesla. Sebelumnya pada September lalu Elon Musk mengumumkan anggota baru keluarganya.

Jenis anjing itu memang menjadi maskot uang kripto Dogecoin. Elon Musk juga disebut sebagai DogeFather oleh netizen.


Tak lama setelah unggahan tersebut, nilainya meningkat 55% menjadi US$0,00001312. Volume melonjak tajam hingga 770% hanya dalam waktu satu hari saja, dikutip Economic Times, Rabu (5/10/2021).

Sebagai informasi kapitalisasi Shiba Inu melewat melewati US$5,22 miliar Uang kripto itu juga sempat mencapai nilai tertinggi yakni US$0.00001482, lalu kembali menurun.

Namun lonjakan harga ini terjadi bukan hanya karena Elon Musk. Namun tim Shiba Inu nampaknya sedang membangun sebuah proyek, ungkap Ishan Arora, Partner Tykhe Block Ventures.

"Namun itu dimulai sebagai koin meme tanpa use case (kasus penggunaan) namun diubah karena tim nampaknya sedang mengerjakan hal-hal tertentu seperti pertukaran terdesentralisasi," kata dia.

Bukan hanya Shiba Inu, token meme lain juga mengalami lonjakan. Misalnya Husky sebanyak 140% dan Shiba Cash 75%, token lainnya Akita Inu, Baby Doug, Doggy, Kishu Inu dan Pitbull juga rally antara 15-35%.

Dogecoin juga menanjak 12% ke level US$0,2484 pada Selasa (5/10/2021). Ini menjadi token tersebut berada di urutan ke-9 kripto berdasarkan kapitalisasi pasar.

Elon Musk memang kerap ikut dalam fenomena uang kripto. Namun tak selalu membuat nilainya naik tapi juga pernah membuatnya anjlok.

Pada Mei lalu, dia pernah menjawab sebuah tweet dari akun @CryptoWhale. Akun itu mengatakan soal penjualan Bitcoin dilakukan oleh Tesla.

"Bitcoiner akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya, ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan mereka. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya..." tulis akun itu.

Saat itu, Elon Musk hanya menjawab singkat 'Benar' tanpa merinci apakah jawabannya terkait penjualan Bitcoin atau menyetujui kritikan itu.

Tak lama kemudian harga Bitcoin turun 8% menjadi US$44 ribu per koinnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading