Terus Goyang, Gunung Api Terbaru Bawah Laut Ditemukan!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 October 2021 07:35
Lava streams down from Anak Krakatau (Child of Krakatoa) volcano during an eruption as seen from Rakata island in Lampung province, Indonesia, July 19, 2018. Picture taken July 19, 2018. REUTERS/Stringer

Jakarta, CNBC indonesia - Sebuah penelitian berhasil menemukan gunung api yang lahir tiga tahun lalu. Para peneliti juga bisa mencatat detail dan karakteristik gunung api di lepas pantai Afrika tersebut. Menurut penelitian itu, gunung api bawah laut adalah letusan terbesar yang pernah tercatat.

Sekitar 2018 lalu, para peneliti menyadari adanya gemuruh di bawah laut. Sesimometer menunjukkan ada sesuatu yang terjadi di bawah dasar laut di wilayah antara Malawi Afrika dan Madagaskar, dekat pulau Mayotte Perancis, dikutip dari Phys, Rabu (27/10/2021).

Para peneliti akhirnya memasang beberapa seismoter di dasar laut. Mereka juga memantau lokasi dengan instrumen sonar.


Dalam beberapa bulan, mereka merekam ribuan getaran dari kedalaman 20-50 kilometer di bawah laut. Bahkan temuan ini lebih jauh dari perkiraan sebelumnya.

Menurut data dan citra, gunung api ini terlihat terbentuk di dasar laut dan masih terus bertumbuh. Tak sampai di sana, tim peneliti melakukan pemantauan dan mengumpulkan data awal keberadaannya.

Para peneliti menemukan gunung itu berasal dari ruang magma besar yang berada di mantel di bawah kerak. Berikutnya terdapat pergerakan tektonik untuk memecah batuan yang memungkinkan magma naik.

Peristiwa ini membuat tanggul dan memunculkan getaran. Magma mencapai dasar laut dan menuju dalam air dan mendingin serta mengeras. Akhirnya, gunung terbentuk dengan ketinggian mencapai 820 meter.

Diperkirakan, muntahan gunung api mencapai lima kilometer kubik. Menjadi yang terbesar dalam catatan. Tim peneliti juga menambahkan gunung api bawah laut itu dapat meletus atau membuat gunung api di sekitarnya menjadi aktif.

Para peneliti juga menjanjikan akan melakukan pemantauan terus di seluruh area tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Ilmuwan Temukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut, Bahaya?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading