Netflix Dapat Berkah Saat WhatsApp, Instagram & Facebook Down

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 October 2021 17:35
FILE PHOTO: The Netflix logo is pictured on a television remote in this illustration photograph taken in Encinitas, California, U.S., January 18, 2017.  REUTERS/Mike Blake/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada 4 Oktober lalu, tiga aplikasi besar Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami sulit diakses selama beberapa jam. Ternyata kejadian itu mendatangkan berkah bagi platform lain, termasuk Netflix.

Berdasarkan laporan Netflix pada 4 Oktober lalu, layanan tersebut mengalami peningkatan penonton hingga 14% selama Facebook dan dua aplikasi lain down.

"Kami bersaing dengan serangkaian aktivitas untuk waktu dan perhatian konsumen seperti menonton TV linear, membaca buku, browsing Tiktok atau bermain Fortnite, itu hanya beberapa nama saja," kata Netflix dalam surat pemegang saham, sebagai bagian dari pengumuman pendapatan kuartal III-2021, dikutip Variety, Kamis (21/10/2021).


Sementara itu salah satu rekor yang dicatat selama kuartal III-2021 adalah 142 juta rumah tangga menonton Squid Game. Tayangan tersebut merupakan drama survival dari Korea Selatan yang mendapatkan popularitas setelah penayangan.

Sementara itu selain Netflix, Telegram juga mendapatkan keuntungan dari masalah keluarga besar Facebook. Saat layanan tersebut down, pembuatnya Pavel Durov mengungkapkan platformnya kedatangan 70 juta pengguna baru.

Sebelumnya, Telegram juga dapat untung saat WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi terbaru awal tahun ini. Ternyata pengumuman itu direspon negatif oleh pengguna dan mereka mencari alternatif platform pesan instan sebagai gantinya.

Fenomena itu mendatangkan banyak pengguna baru di Telegram. Catatan Hindustan Times, pada bulan Maret ada 32 juta pengguna baru dan satu bulan kemudian terdapat tambahan 26 juta user.

Sebagai informasi, pemadaman massal itu terjadi karena masalah pada komunikasi di data center Facebook. Hal tersebut membuat sistem tidak dapat membaca perintah yang diberikan, lalu membuat layanan down.

Kejadian itu terjadi dari 4 Oktober malam hingga 5 Oktober pagi, selama sekitar 7 jam. Nama Facebook, Instagram dan WhatsApp juga menjadi trending topic di Twitter selama berjam-jam saat kejadian itu berlangsung.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading