Waspada! Aplikasi Android Ini Bisa Curi Email & Password Kamu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 October 2021 07:15
Infografis: 1 Miliaran HP Android Terancam Malware, Ini Cara Menangkalnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa aplikasi Android berbahaya oleh perusahaan Keamanan siber Kaspersky. Aplikasi tersebut bahkan dapat mencuri data pengguna dari informasi login hingga detail pembayaran.

Pihak Kaspersky mengatakan aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut menggunakan mekanisme Facebook Login untuk melakukan kejahatannya. Biasanya tombol tersebut ada di sejumlah layanan sebagai autentikasi cepat para pengguna.

Lebih lanjut Kaspersky menyebutkan cara itu dilakukan sebagai cara mencuri kredensial masuk dan mengakses informasi pengguna.


Pihak Google sudah mengetahui aplikasi yang disebut bermasalah tersebut dan melarang. Ini aplikasi tersebut dikutip dari Hindustan Times, Kamis (21/10/2021):

  • Magic Photo Lab - Photo Editor
  • Blender Photo Editor - Easy Photo Background Editor
  • Pix Photo Motion Edit 2021

Namun tak menutup kemungkinan ada pengguna yang sudah mengunduh aplikasi ke perangkatnya. Untuk itu pengguna diminta langsung menghapus aplikasi dari HP secara manual dan juga mengganti detail login Facebook.

Bukan kali ini saja aplikasi jahat ditemukan di Android. Sebelumnya Google pernah melarang 150 aplikasi lebih sebagai cara perlindungan pada penggunanya yang jumlahnya tak sedikit.

Di acara Google I/O beberapa waktu lalu, raksasa teknologi dunia itu mengatakan ada tiga miliar perangkat Android aktif hari ini. Jadi melakukan tindakan penghapusan pada aplikasi jahat dapat memberi keuntungan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hapus! Aplikasi Android Ini Bisa Curi Email & Password kamu


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading