Facebook, WhatsApp, Instagram Down, Inikah Biang Keroknya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 October 2021 06:55
[DALAM] FB, IG, WA Down

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook, WhatsApp, dan Instagram sudah berangsur pulih setelah hampir tujuh jam ketiga aplikasi populer ini tidak bisa diakses oleh pengguna. Apa penyebabnya?

Belum jelas penyebab Facebook, WhatsApp dan Instagram down bersamaan ini. Namun kejadian ini disebut pemadaman terburuk untuk Facebook group sejak insiden 2019 yang membuat situsnya offline selama lebih dari 24 jam.

Beberapa ahli keamanan siber menyebut masalahnya ada pada Domain Name System (DNS). Divisi analisis internet Cisco ThousandEyes mengatakan pengujian menunjukkan pemadaman karena kegagalan DNS.


DNS adalah sistem yang menerjemahkan nama situs web menjadi IP address yang dapat dibaca oleh komputer. DNS sering disebut sebagai buku telepon internet.

"Saya tidak tahu apakah saya pernah melihat pemadaman semacam ini dari perusahaan besar internet sebelumnya," ujar Doug Madory, direktur analisis jaringan dari perusahaan Kentik seperti dilansir dari CNNInternational, Selasa (5/10/2021).

"Bagi banyak orang Facebook merupakan internet untuk mereka."

Doug Madory menambahkan perusahaan terkadang kehilangan konektivitas internet ketika mereka memperbaharui konfigurasi jaringan mereka. Hal ini pernah terjadi pada Fastly, perusahaan cloud computing AS yang mengalami pemadaman internet global selama 50 menit.

Engineer Utama Netscout mengatakan Facebook kemungkinan akan bekerja untuk memulihkan layanan secara bertahap, dan mungkin perlu beberapa waktu agar informasi yang ada "dapat diterima dan disebarkan ke seluruh dunia".


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading