WA, Facebook & IG Down, Apa Itu Gangguan 5xx Server Error?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 October 2021 06:55
[DALAM] FB, IG, WA Down Foto: Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada Senin malam (4/10/2021) hingga Selasa pagi (5/10/2021) tiga aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram mengalami gangguan yang disebut 5xx Server Error. Apa itu?

5xx Errors adalah kesalahan yang disebabkan oleh server karena tidak bisa memenuhi permintaan dari pengunjung website. Laman Developer AT&T mencatat ini terkadang memerlukan bantuan administratif server untuk menyelidikinya, dikutip Rabu (6/10/2021).

Developer AT&T juga menambahkan penting mempertimbangkan cukup sering rantai server menangani HTTP sehingga mungkin bukan server yang mengalami kesalahan.

Sementara itu pihak Facebook Group telah buka suara perihal penyebab masalah pada tiga aplikasi tersebut. Vice President Infrastructur Facebook Inc, Santosh Janardhan mengatakan tim tekniknya menemukan ada perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan diantara data center.

"Gangguan lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara data center kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami," tulis Santosh Janardhan dalam keterangan tertulis.

Dia juga mengatakan masalah ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem intenal yang digunakan tim pada operasional sehari-hari. Ini mempersulit perusahaan melakukan diagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Selain itu, Janardhan membantah soal kemungkinan pemadaman karena adanya penyusup. Pihak peruahaan tak ada bukti data pengguna telah disusupi, ungkapnya.

"Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari penghentian ini," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook & WhatsApp Down, Kekayaan Zuckerberg Susut Rp 87 T


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading