Sinopharm Setor Data Uji Vaksin Bagi Anak, Semoga Kabar Baik!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 October 2021 19:00
Suasana belajar mengajar pembelajaran tatap muka di sekolah SDN 14 Pagi Pondok labu, Jakarta, Senin (30/8). Sekolah tatap muka resmi dilaksanakan kembali untuk 610 sekolah di DKI Jakarta. Daftar sekolah mencakup jenjang TK/PAUD-SMA dan lembaga pendidikan setingkat lain, termasuk informal. Tentunya PTM terbatas tahap I dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Staff guru pengajar Sekolah SDN 14 pagi pondok labu mengatakan,

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Sinopharm melakukan uji klinis untuk penggunaanya pada anak-anak. Kepala Badan POM, Penny Lukito mengatakan telah menerima data uji klinis dari Sinopharm.

"Yang sekarang sedang berproses Sinopharm sudah kami terima datanya," kata Penny dalam konferensi pers online.

Selain Sinopharm, Sinovac juga telah mengusulkan. Namun ternyata data-data dari perusahaan itu masih harus dilengkapi lagi.


Penny mengatakan sangat mendukung adanya vaksin untuk anak-anak. Serta berharap bisa memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) pada vaksin tersebut.

Namun dia memberi catatan, anak-anak merupakan kelompok yang rentan. Jadi pada science, pengembangan pengujian evaluasi vaksin harus sangat hari-hati.

Untuk itu perlu data yang lengkap saat pengajuan izin dan berharap untuk bisa melengkapinya. "Mudah-mudahan data tersebut bisa dilengkapi dan segera mengeluarkan emergency use authorization," ungkapnya.

Sebagai informasi, Sinopharm dan Sinovac menggunakan platform inactivated virus. Namun ini tak membuat jadi tidak berhati-hati untuk memantau vaksin tersebut.

"Aspek keamanannya juga mungkin bisa dipercaya. Namun tetap kehati-hatiannya tetap dipentingkan untuk kepentingan anak-anak. Jadi masih menunggu kelengkapan data," jelas Penny.

Namun dia tak menutup peluang platform vaksin lain untuk mengajukan izin yang sama. Tapi hingga saat ini belum ada proses registrasi dari platform vaksin selain inactivated virus.

"Demikian juga untuk data untuk platform lainnya kami masih tunggu. Belum ada proses registrasi untuk teknologi platform lainnya," kata Penny.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Efek Samping Vaksin Sputnik-V yang Manjur 91% Lawan Covid


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading