Roundup

Kronologis Lemotnya Jaringan IndiHome & Telkomsel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2021 06:35
Kabel Bawah Laut Telkom Jasuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak Minggu Malam (19/9/2021) jaringan internet Indihome dan Telkomsel dilaporkan mengalami gangguan. Masalah ini berlanjut hingga Senin siang kemarin (20/9/2021).

Hingga Senin siang terpantau nama Indihome dan Telkomsel menjadi trending topic di Twitter. Para pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses sejumlah layanan misalnya platform e-learning hingga tak bisa menggunakan Zoom.

Pada Minggu malam, Telkomsel melalui akun Twitternya sudah buka suara. Perusahaan itu menyebut terdapat gangguan teknis terutama di sejumlah wilayah yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.


"Sedangkan, untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal," kata Telkomsel

Telkomsel juga menyampaikan permohonan maaf atas masalah gangguan itu. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," jelasnya.

Sementara itu pada Senin siang, pihak Telkom menyebut jaringannya sudah berangsur pulih. Ini terjadi sejak tengah malam hingga pagi kemarin.

Sejak terjadi gangguan, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menyebut pihaknya melakukan rerouting trafik. Ini dilakukan sebagai alternatif jaur komunikasi menuju Batam.

Selain itu juga dilakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan dan Jawa, serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," ujarnya dalam keterangan tertulis, pada Senin (20/9/2021).

Gangguan ditemukan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak. Ini terjadi pada pukul 17.33 WIB hari Minggu dan berasal dari titik 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," jelasnya.

Pujo juga mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kepercayaan pelanggan yang setia menggunakan layanan TelkomGroup.

"Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan".


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading