Cara Agar WhatsApp Tak Boros Kuota Internet

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 September 2021 17:05
FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp jadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh penduduk Bumi. Aplikasi ini membantu warga Bumi berkomunikasi dengan orang -orang terdekat maupun untuk kebutuhan bisnis.

Namun aktivitasnya yang selalu online membuat pengguna membutuhkan data internet yang tak sedikit. Salah satunya adalah melalui pengiriman video dan foto.

Setiap hari pengguna WhatsApp pasti akan mendapatkan kiriman video dan foto. WhatsApp membatasi ukuran file foto, vioce messages dan video maksimal 16 MB. Bila setiap hari pengguna mendapat kiriman 10 video dan foto setiap hari tentu ini sangat menguras data internet pengguna.


Untuk menghemat bisa dengan menggunakan fitur Storage dan Data. Dengan mengaktifkan fitur ini pengguna akan mendownload video, dan foto bila terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Jadi pengguna tidak boros data internet seluler.

Berikut cara hemat kuota data internet seluler memanfaatkan fitur Storage dan Data:

  1. Tekan tanda tiga titik yang berada di kanan atas kemudian pilih Settings
  2. Ketuk storage and data pilih "Media auto-download" dan non aktifkan "When using mobile data"
  3. Aktifkan "When connected on Wi-Fi" dan centang semua media.

Cara lainnya menghemat data internet adalah mengurangi konsumsi internet ketika menggunakan layanan video call. Caranya dengan memilih "use less data for call" ketika masuk ke storage and data. Ini akan mengurangi kualitas gambar tetapi masih tetap bisa berkomunikasi dengan baik.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading