Wah! NASA Kembali Deteksi Asteroid Besar Dekati Bumi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 September 2021 13:25
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menurut data pelacakan NASA, sebuah asteroid besar berukuran 450 kaki atau 137 meter melintasi orbit Bumi pada hari Jumat ini.

Jarak asteroid bernama 2021RE adalah 3,4 juta mil dari Bumi. Sebagai perbandingan jarak Bulan dan Bumi adalah 238.855 mil.

Asteroid tersebut diperkirakan melaju dengan kecepatan 30 ribu mph (sekitar 48.200 km perjam) dan bisa membuat penyok jika menghantam Bumi, dikutip Daily Star, Jumat (10/9/2021).


Sebagai informasi, setiap harinya Bumi dibombardir lebih dari 100 ton batuan antariksa kecil dan puing antar planet lain berukuran kerikil kecil.

Untuk obyek yang berukuran lebih kecil dari rata-rata mobil kemungkinan terbakar saat masuk ke atmosfer. Jenis tersebut dianggap tidak menjadi ancaman.

Sementara itu, NASA melaporkan setiap 2.000 tahun atau lebih akan ada asteroid berukuran lapangan sepak bola yang akan menembus atmosfer. Jika ini terjadi akan menyebabkan kerusakan yang cukup signifikan.

Obyek yang cukup besar dengan kedatangan setiap beberapa juta tahun yang disebut bisa mengancam peradaban.

Daily Star menuliskan selama beberapa hari ke depan sejumlah obyek dengan berbagaai ukuran akan melintas dekat Bumi. Benda tersebut berukuran rumah hingga pesawat jet.

Salah satunya 2021 QH1 yang melintas dekat Bumi hari. Berukuran 90 kaki (27 meter) akan berada dalam jarak 533 ribu mil.

Sebelumnya, NASA juga pernah mengungkapkan penelitian baru soal kemungkinan asteroid Bennu menabrak Bumi. Asteroid berukuran sepertiga mil diprediksi menabrak Bumi antara saat ini hingga tahun 2300.

Batuan tipe C itu terdaftar sebagai obyek berpotensi berbahaya. Bennu ditemukan pertama kali pada 1999 dan menjadi salah satu dari dua asteroid di tata surya yang paling berbahaya.

Meski begitu, ilmuwan menyebutkan kemungkinan Benny menabrak Bumi adalah 1:2.700 atau sekitar 0,037%.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading