Dahsyat! Transaksi Uang Kripto RI Tembus Rp 470 Triliun

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 September 2021 14:26
Infografis: Negara Ini Disebut Surga Uang Kripto & Bitcoin, RI Masuk?

Jakarta, CNBC Indonesia - Antusiasme orang pada uang kripto (cryptocurrency) sangat besar baik di Indonesia dan global sangat besar. Hal tersebut terlihat dari transaksi hampir Rp 470 triliun per Juli 2021.

"Total volume hampir mendekati Rp 470 triliun, Mei-Juli 2021 ada peningkatan signifikan," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dalam program Profit CNBC Indonesia, Rabu (8/9/2021).

Selain itu ada jumlah akun pelanggan meningkat dari 3 juta menjadi 7 juta, ungkap Jerry. Menurutnya terus akan ada peningkatan di sektor cryptocurrency ini.


Jerry menjelaskan antusiasme terbesar cryptocurrency adalah berasal dari kalangan anak muda hampir 90%.

Dalam kesempatan yang sama dia juga menjelaskan rencana pemerintah untuk membuka bursa kripto. Ini dilakukan untuk melaksanakan aturan yang menyebut kripto sebagai komoditas.

"Pertama melaksanakan UU menyebutkan kripto adalah komoditas harus ada bursa. Logis ada bursa lebih ke organize (teratur)," kata dia.

Pembentukan bursa juga dalam rangka memastikan perlindungan konsumen. Di sana akan ada catatan yang terorganisir dan open pada integrasi sesama pihak terkait.

Selain itu juga menjadi jaminan keamanan dan kepastian transaksi. Modus pencucian uang hingga penggunaan dana untuk terorisme dapat diminimalisir.

"Kepastian transaksi dengan adanya bursa potensi money laundry, penggunaan terorisme di-minimize (diminimalisir)," ungkap Jerry.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading