Bahaya Data & Uang Anda Bisa Dirampok, Hapus Aplikasi Ini!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 August 2021 07:05
INFOGRAFIS, Waspada!, Malware Curi Data Kamu

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepolisian Belgia baru saja mengeluarkan peringatan atas hadirnya virus Joker pada sejumlah aplikasi di ponsel Android. Kabarnya 8 aplikasi berbahaya itu mampu merampok data hingga uang dari para korbannya.

Cara kerja virus Joker membuat ponsel berlangganan layanan berbayar secara diam-diam. Hal ini dilakukan tanpa persetujuan korban dan membuat mereka tak sadar uang sudah terkuras.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," jelas Kepolisian Belgia, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (31/8/2021).


Delapan aplikasi berbahaya yang diumumkan Kepolisian Belgia, berikut daftarnya:

1. Auxiliary Message
2.Element Scanner
3.Fast Magic SMS
4.Free CamScanner
5.Go Messages
6.Super Message
7.Super SMS
8.Travel Wallpapers

Google telah mengetahui soal 8 aplikasi berbahaya tersebut dan menghapus seluruhnya dari Play Store. Namun bagi yang sudah memasang (menginstall) aplikasi pada smartphone diharapkan bisa langsung menghapusnya sebab ancaman virus masih ada.

Virus Joker telah terdeteksi sejak 2017, dan terdapat pada ribuan aplikasi di Play Store. Virus mengincar data pengguna ny a mulai dari SMS, daftar kontak, informasi perangkat, hingga kode One Time Password (OTP).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading