Dapat Pesan Ini di Android, Jangan Klik Atau Kena Masalah!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 August 2021 17:00
Infografis: Kasus Phising Email yang Serang Indonesia Makin Merajalela

Jakarta, CNBC Indonesia - Ancaman malware menghampiri pengguna smartphone Android muncul lagi. Terbaru, virus jahat bernama FluBot menyebar melalui pesan teks dan dapat berubah menjadi mata-mata (spyware).

Perusahaan keamanan siber Proofpoint menyebutkan malware Android adalah satu dari banyak aksi kejahatan siber yang harus diwaspadai.

Penyebaran FluBot sempat menurun pada awal tahun ini. Namun mulai menyerang lebih banyak negara di Eropa, termasuk di Inggris, Jerman, Hongaria, Italia, Polandia, dan Spanyol. FluBot kemungkinan juga banyak menyerang pengguna Amerika Serikat (AS).


Nampaknya memang ancaman malware ini mengincar ke pengguna Android. Namun perangkat Apple mungkin juga tidak kebal dari serangan FluBot.

"Pengguna perangkat Apple saat ini tidak beresiko, meski pesan teks penipuan masih bisa mengarahkan ke situs web penipuan yang mungkin mencoba mencuri informasi pribadi," tulis peringatan di Inggris, dikutip BGR, Selasa (31/8/2021).

Laman BGR menuliskan, salah satu modusnya adalah pesan teks. Di dalamnya ada tautan yang jika diklik maka akan meminta mendownload aplikasi phishing yang mengandung FluBot di dalamnya.

Setelah mendapatkan izin yang diperlukan dari pengguna, Proofpoint mengatakan maka malware itu akan bertindak seperti spyware dan spammer SMS. Selain itu juga bisa mencuri kredensial kartu kredit dan perbankan.

Untuk menghindari resiko terkena malware, BGR menuliskan salah satunya bisa membatasi interaksi saat mengirimkan barang. Yakni hanya pada situs web resmi pengiriman saja.

Selain itu juga jangan menekan link dalam teks dan langsung hapus pesan. Pastikan juga menggunakan layanan keamanan dari masing-masing perangkat yang telah disediakan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading