Awas Rampok! Hapus Segera Aplikasi Android Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 September 2021 07:17
David Vazquez, a street performer dressed as the Joker, waits in hopes of pedestrians who will pay to take pictures with him in Mexico City, Monday, March 23, 2020. Vazquez, who also worked as a trainer in a gym until it shut down today, said business for street performers has plummeted, with the few clients still stopping opting to take their pictures from a distance or posing beside him awkwardly, amid the worldwide spread of the new coronavirus.

Jakarta, CNBC Indonesia - Ternyata ada delapan aplikasi yang diidentifikasi mengandung malware Joker yang berbahaya. Hal ini ditemukan oleh Kepolisian Belgia belum lama ini.

Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, jaringan komputer dan ponsel.

Malware Joker ini juga disebut bisa merampok para korbannya. Sebab virus membuat perangkat berlangganan sebuah layanan tanpa persetujuan pengguna dan membuat korban tidak curiga dengan aktivitas tidak normal itu.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," kata pihak Kepolisian dikutip Selasa (7/9/2021)

Kepolisian Belgian menemukan delapan aplikasi di Google Play Store yang mengandung virus ini, berikut daftarnya:

  1. Auxiliary Message
  2. Element Scanner
  3. Fast Magic SMS
  4. Free CamScanner
  5. Go Messages
  6. Super Message
  7. Super SMS
  8. Travel Wallpapers.

Kedelapan aplikasi ini dikabarkan telah dihapus dari toko aplikasi. Namun tetap diingatkan bagi yang sudah meng-install untuk segera menghapus agar tidak merasakan dampak bahaya dari virus tersebut.

Malware Joker pertama kali ditemukan pada 2017, dan menyusup pada ribuan aplikasi di Play Store. Google juga sudah mengusahakan memindai dan menghapus seluruh aplikasi berisi virus jahat itu.


Sejauh ini dikabarkan sudah ada 1.700 aplikasi yang ditemukan dan dihapus Google. Pada September 2020, ada 24 aplikasi Android berisi malware Joker dan telah diunduh 500 ribu kali akhirnya dihapus.

Malware Joker dikabarkan telah tersedia di 30 negara dunia, termasuk Amerika Serikat (AS), Brasil dan Spanyol.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengenal Joker, Virus yang Curi data & Uang Pengguna Android


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading