Airlangga: 718 Ribu Anak Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 July 2021 13:45
Keterangan pers menteri terkait ratas mengenai pinjaman kredit usaha rakyat pertanian, Senin (26/7/2021). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksinasi di Indonesia telah menyasar anak-anak usia 12-17 tahun. Hingga saat ini sekitar 700 ribu dari kelompok usia tersebut telah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

"Saat sekarang 718.000 anak telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan pers Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 30 secara daring, Selasa (27/7/2021).

Dia juga menjelaskan per 26 Juli 2021, 64,13 juta dosis vaksin sudah diberikan pada masyarakat Indonesia. Jumlah itu 45,5 juta dosis untuk suntikan pertama serta 18,6 juta dosis untuk suntikan kedua.


Sementara itu untuk mencapai kekebalan kelompok, Airlangga mengatakan membutuhkan 208 juta orang harus divaksin. Jumlah itu meningkat karena ditambahkan kelompok anak usia 12-17 tahun.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Airlangga mengatakan vaksin Covid-19 merupakan game changer. Ini menjadi langkah krusial untuk bisa keluar dari pandemi ini.

Selain itu, Airlangga juga menekankan vaksinasi jadi salah satu strategi pemerintah menangani pandemi. Selain itu juga perlu didampingi kedisiplinan dan perlu dilakukan bersama oleh masyarakat.

"Vaksinasi perlu didampingi kedisiplinan masyarakat dan perlu dilaksanakan bersama," kata dia.

Pemerintah terus mendorong peningkatan kedisiplinan masyarakat pada protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan.

Selain itu, Airlangga mengatakan pemerintah punya komitmen meningkatkan kapasitas melakukan tracking serta tracing. Serta juga memperpanjang kebijakan PPKM yang dilakukan hingga 2 Agustus mendatang.

"Pemerintah juga berkomitmen terus meningkatkan kapasitas tracking dan testing. Serta memperpanjang kebijakan PPKM hingga 2 Agustus 2021," jelas Airlangga.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading