Elon Musk Ngaku Pegang Bitcoin, Dogecoin dan Ethereum

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 July 2021 08:40
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk talks at the Automotive World News Congress at the Renaissance Center in Detroit, Michigan, U.S., January 13, 2015. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya nomor tiga di dunia versi Forbes, Elon Musk mengaku memiliki uang kripto Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum. Ia juga konfirmasi Tesla dan SpaceX juga memegang Bitcoin.

Hal ini disampaikannya ketika jadi pembicara di event bernama "The B World". Dalam hajatan itu Elon Musk tampil bersama dengan CEO Twitter Jack Dorsey, dan CEO Ark Invest Cathie Wood.

Elon Musk mengatakan ia juga merupakan pendukung Bitcoin dan ide dari cryptocurrency. Sebagian kesuksesan keuangannya terkait dengan kinerja mata uang digital itu.


"Jika harga Bitcoin turun, saya kehilangan uang," ujar Elon Musk seperti dikutip dari CNN International, Kamis (22/7/2021). "Saya mungkin menggoreng harga, tetapi saya tidak membuangnya ... Saya tidak percaya dengan skema menaikkan harga kemudian menjualnya atau sejenisnya. Saya ingin melihat Bitcoin sukses."

Selama ini banyak orang yang menduga Elon Musk menggunakan skema pump and dump pada cryptocurrency untuk keuntungan pribadinya. Ia sering membuat harga cryptocurrency naik dan turun dari sebuah cuitannya.

Pump and dump merupakan skema yang banyak dilakukan para spekulan pasar keuangan. Mereka mengangkat harga sebuah aset dengan menggunakan informasi palsu, menyesatkan atau berlebihan (pump) kemduian menjual aset tersebut ketiga harga tinggi (dump).

Meski begitu, Elon Musk juga menyoroti masalah lingkungan dalam penambangan Bitcoin yang mengkonsumsi energi fosil dalam jumlah besar . Semakin kompleks kode matematika yang harus diurai dalam penambangan Bitcoin semakin besar energi yang dikonsumsinya.

"Misi Tesla adalah mempercepat penggunaan energi berkelanjutan. Kami tidak bisa menjadi perusahaan yang menjalankan itu dengan konsumsi energi Bitcoin saat ini," terang Elon Musk. "Tetapi sekarang Bitcoin sepertinya semakin banyak beralih ke energi terbarukan."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading