Elon Musk Setop Pembelian Tesla via Bitcoin, Mau Goreng Doge?

Tech - RKH, CNBC Indonesia
13 May 2021 13:25
Infografis/Ini Dia Bandar Besar Dogecoin Berharta Rp 150 T , Elon Musk?/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di dunia Elon Musk membuat harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya jatuh. Penyebabnya, ia mengumumkan untuk menyetop pembelian Tesla menggunakan Bitcoin.

Melalui akun twitter pribadinya, Elon Musk mengunggah alasan Tesla mengeluarkan keputusan itu. Keputusan ini diambil karena meningkatkan penggunaan bahan bakar fosil karena aktivitas penambangan. Selama ini Tesla dikenal sebagai kendaraan ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik.

"Cryptocurrency merupakan ide bagus dalam berbagai level dan kami percaya akan masa depannya yang menjanjikan, namun hal ini tidak bisa terjadi dengan kerusakan lingkungan," tulis penjelasan Tesla yang diunggah dalam twitter Elon Musk, seperti dikutip Rabu (13/5/2021).


Ia mengatakan Tesla akan tetap mempertahankan Bitcoin yang dimiliki perusahaan dan akan membolehkan transaksi Bitcoin saat penambangan Bitcoin menggunakan energi berkelanjutan.

"Tesla juga akan mencari cryptocurrency yang konsumsi energinya di bawah 1% Bitcoin," tulis Tesla.

Dua hari sebelum pengumuman tersebut, Elon Musk mengadakan poling di twitter pribadinya. Ia meminta pendapat pengikutnya apakah mereka mau agar Tesla menerima pembayaran dengan Dogecoin.

Dari 3,92 juta yang mengikuti poling tersebut sebanyak 78,2% setuju agar Dogecoin bisa buat beli mobil Tesla dan 21,8% menolak rencana tersebut.

Sebelumnya perusahaan roket luar angkasa Elon Musk, SpaceX menggungkapkan akan menerima uang kripto Dogecoin sebagai pembayaran untuk misi ke bulan bernama "DOGE-1 Mission to the Moon". Peluncurannya ditargetkan kuartal I-2022.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading