Fintech Batumbu Soal Bunga: Tak Jauh dengan Perbankan

Tech - yun, CNBC Indonesia
25 June 2021 14:22
Batumbu, Mendukung UMKM Menjadi Tulang Punggung Ekonomi  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagai platform yang memberikan pembiayaan untuk UMKM, Batumbu mengaku bunga yang diberikan kepada kreditur tidak terlalu jauh dengan perbankan.

"Tak bisa sama dengan bank, karena sumber dana berbeda. Dari ritel dan dari bank. Dari bank pasti mengharapkan sedikit margin. Biasanya kisaran 2-3% di atas suku bunga perbankan," ujar CEO Batumbu yaitu Jenny Wiriyanto. dalam Fintech Week dengan tema "The Future of Fintech: New Normal Era" di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Menurut dia, perusahaan financail rtechnology (Fintech) seperti Batumbu menjadi mediator antara pemberi dan penerima dana. Jadi tugas Batumbu adalah menciptakan peluang usaha pembiayaan, mitigasi risiko, hingga memantau kelangsungan usaha.


"Apabila semua dikomunikasikan dengan baik dan transparan tak menjadi kendala untuk memperoleh pendana masuk akal. Kuncinya transparansi informasi," tegasnya.

Hingga Mei 2021, Batumbu telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 3 triliun. Pinjaman tersebut telah disalurkan melalui 8.000 aplikasi pijaman dan 66 ribu faktur tagihan.

"Tingkat keberhasilan 100%. Kami sudah menjangkau 19 provinsi," katanya lagi.

Sesuai namanya, Batumbu berkonsentrasi memberikan pembiayaan di wilayah Indonesia Timur. Hingga saat ini, arket share pinjaman sejak Januari tahun berjalan mencapai 3% untuk seluruh Pembiayaan P2P Lending.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Seperti Apa Ramalan Fintech Di Masa Depan? Simak!


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading