Seperti Apa Ramalan Fintech Di Masa Depan? Simak!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 June 2021 14:35
Fintech

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun yang akan datang, dominasi financial technology kemungkinan tak lagi bergerak secara masif. Nantinya mereka akan bertransformasi dengan sejumlah model bisnis lainnya seperti pembayaran digital.

"Apakah didominasi peer-to-peer lending atau jasa sistem pembayaran saya rasa tidak ada. Karena ini akan ada kolaborasi dari berbagai model bisnis. Suatu perusahaan akan memberikan layanan sistem pembayaran digital," kata Sekjen Aftech, Budi Gandasoebrata dalam program Profit CNBC Indonesia, Kamis (24/6/2021).

Dia mengatakan dengan peran digitalisasi dalam transaksi pembayaran maka riwayat transaksi semakin terbuka. Dengan begitu membuat credit scoring atau proses on boarding menjadi lebih mudah lagi.


Menurutnya masing-masing model bisnis akan memerankan perannya. Sementara itu, tujuannya adalah menuju masa depan Indonesia yang kuat dari literasi keuangan, adopsi teknologi dan solusi keuangan.

"Dan juga kita lebih paham terhadap produk-produk keuangan yang dibutuhkan dan membantu pertumbuhan masyarakat dan UMKM ke depannya," ungkapnya.

Budi mengungkapkan peran perbankan kemungkinan masih jadi aktor utama dalam layanan di sektor jasa keuangan. Dia menambahkan kuncinya adalah kolaborasi untuk mendorong digitalisasi perbankan.

Dengan begitu akan mampu memberikan solusi pada perbankan. Termasuk dapat memperluas jangkauan akses pada produk jasa keuangan kepada masyarakat.

"Kuncinya adalah bagaimana kita dapat berkolaborasi untuk membantu mendorong digitalisasi perbankan untuk mampu memberikan solusi, mengefisiensikan proses. Untuk memberikan, memperluas jangkauan akses terhadap produk jasa keuangan kepada masyarakat di Indonesia," jelas Budi.

Budi juga menyinggung soal adanya fintech ilegal di luar sana. Menurutnya hal ini menjadi pekerjaan rumah semua pihak bukan hanya di asosiasi.

Dia menyatakan salah satu pilar Aftech paling utama adalah edukasi dan literasi. Asosiasi memberikan edukasi dalam berbagai kesempatan untuk meningkatkan kesadaran dan yang perlu diperhatikan oleh masyarakat.

"Bagaimana bisa memberikan edukasi pada masyarakat melalui kegiatan seminar, webinar, pembuatan buku saku. Memberikan solusi-solusi dalam bentuk webinar dan seminar memberikan awareness kepada mereka terhadap solusi fintech di luar sana. Termasuk hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan apa saja yang perlu mereka awas dan waspada," jelas Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading