Mau Cobain Windows 11 Lebih Cepat? Nih Bocorannya!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 June 2021 12:43
Windows 11 resmi dirilis. Foto: dok Microsoft

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft telah mengumumkan kehadiran Windows 11. Meskipun sistem operasi ini baru hadir secara resmi pada musim liburan akhir 2021, namun kamu bisa mendapatkannya lebih cepat dari jadwal.

Sebagai catatan ini bukan versi bocoran di dunia maya beberapa waktu lalu. Namun Microsoft akan membagikan versi beta melalui Windows Insider Program di mana akan dimulai pada minggu depan.

Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan Windows 11 lebih awal?

Pertama Kamu perlu bergabung dengan Windows Insider Program melalui laman insider.windows.com. Selanjutnya tekan Register dan login.



Pastikan juga perangkat Windows 10 yang ada saat ini bisa upgrade untuk Windows 11 secara gratis. Pengecekan apakah perangkat telah memenuhi syarat bisa dengan download aplikasi PC Health Check.

Terdapat sejumlah spesifikasi minimal yang harus dipenuhi untuk bisa menginstal Windows 11. Microsoft membagikan daftarnya sebagai berikut:

1. Prosesor, yakni 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 inci atau lebih di prosesor atau System on a Chip (SoC) 64 bit kompatibel.
2. RAM 4GB
3. Memori Penyimpanan minimal 64GB atau lebih besar.
4. Firmware sistem adalah UEFI, Secure Boot capable.
5. TPM: Trusted Platform Module versi 2.0.
6. Kartu grafis: kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dnegan driver WDDM 2.0.
7. Display: dengan definisi tinggi 720 p, ukuran diagonalnya lebih besar 9 inci, memiliki 8 bit per channel warna.
8 Koneksi internet dan akun Microsoft: ini dibutuhkan untuk menyelesaikan setup perangkat saat pertama kali digunakan.

Saat versi awal tersedia, kamu sudah bisa mengunduh seperti update software yang biasa dilakukan yakni dengan ke menu Settings lalu masuk pada Update & Security, terakhir adalah Windows Update dan klik Check for Updates.



Jika Windows 11 telah tersedia dan bisa dipasang, maka akan ada Feature update to Windows 11. Tekan tombol Download dan install, setelah itu ikuti cara berikutnya.

Namun sebaiknya pengunggahan Windows 11 awal ini bukan dalam perangkat utama, sebab kemungkinan masih terdapat bug di dalamnya.

Cara yang sama bisa kamu terapkan nanti saat versi stabil telah tersedia tanpa mendaftar lebih dulu pada Windows Insider Program. Namun dengan catatan, jika kamu masih mau menunggu hingga akhir tahun nanti.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Bocoran Windows 10 Pensiun 2025, Beneran nih?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading