Bocor di Internet! Beginikah Tampilan Windows 11?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 June 2021 17:14
UI Windows 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Penampakan sistem operasi Windows 11 yang akan diluncurkan tidak lama lagi bocor di internet. Termasuk dari antarmuka pengguna baru hingga tampilan menu Start.

Antarmuka Windows 11 mirip seperti yang ditampilkan pada Windows 10X. Microsoft menyederhanakan Windows untuk perangkat dua layar, yang akhirnya dibatalkan untuk Windows 11.

Laporan The Verge menyebutkan perubahan terbesar terlihat dari taskbar. Perusahaan menetapkan ikon aplikasi di sana, membersihkan area tray dan termasuk tombol Start serta menu, dikutip Kamis (17/6/2021).

Menu Start hadir dengan lebih sederhana dari yang hadir di Windows 10 tanpa adanya Live Tiles. Ini juga termasuk pinned apps, recent files dan kemampuan untuk shut down aatu restart menjadi jauh lebih sederhana dari apa yang hadir saat ini.

UI Windows 11Foto: The Verge /  Windows 11



Pengguna juga memiliki opsi untuk memindahkan menu Start dan ikon aplikasi jika tidak mau berada di tengah dan kembali ke kiri. Mode yang sedang digandrungi saat ini, mode gelap juga akan tersedia.

Windows 11 akan membentuk sudut membulat, ini terlihat dari menu konteks dan aplikasi serta File Explorer. Menu Start juga membentuk sudut yang membulat.

Dalam taskbar Windows 11 juga terdapat ikon dengan label Widget. Menurut sejumlah rumor, Microsoft membawa kembali Windows Widget dan versi awal tampaknya akan membawa beberapa diantaranya.

Karena masih dalam tahap awal, widget tidak sepenuhnya dimuat. Namun kan dirancang meluncur keluar dan menyediakan akses untuk berita, cuaca serta konten web.

Menu snap control bisa diakses dari tombol maximize seluruh aplikasi pada Windows 11 nanti. Sementara belum ada bocoran mengenai Windows Store.

Microsoft telah memberikan beberapa petunjuk akan meluncurkan Windows 11. Kemungkinannya adalah akan diluncurkan pada acara yang diselenggarakan pada 24 Juni dimulai pukul 11:00 ET.

Tidak ada informasi lebih lanjut soal undangan tersebut. Namun undangan menyertakan jendela yang membuat bayangan seperti nomor 11. Para eksekutif Microsoft juga terus menggoda soal 'generasi Windows berikutnya' selama beberapa bulan.

Dengan kebocoran terbaru juga mengonfirmasi Windows 11 akan diungkapkan pada akhir bulan ini.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading