Sistem Operasi Baru Windows Dirilis 24 Juni, Ini Bocorannya

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
03 June 2021 20:57
Windows 10

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft pada Rabu (2/6/2021) mengatakan akan segera meluncurkan seri terbaru sistem operasi Windows pada 24 Juni mendatang.

Mengutip CNBC International, langkah ini dilakukan seminggu setelah CEO perusahaan itu, Satya Nadella memberikan teaser tentang Windows generasi baru di event Microsoft Build. Dalam acara itu, ia mengatakan bahwa Windows terbaru akan lebih ramah bagi developer dan content creator.

Pada bulan lalu, Microsoft mengkonfirmasi tidak akan meluncurkan Windows 10X, sistem operasi yang dibuat khusus untuk perangkat dua layar. Beberapa elemen visual dari Windows 10X mulai diboyong ke Windows 10 edisi utama. Hal ini makin memunculkan spekulasi bahwa Windows terbaru akan segera meluncur.


Sementara itu beberapa perkiraan mulai muncul mengenai fitur Windows terbaru ini. Perusahaan besutan Bill Gates itu disebut mengerjakan update untuk Windows dengan nama kode Sun Valley. Sun Valley akan mencakup tampilan yang lebih modern dengan sudut membulat ke beberapa komponen penting seperti menu Start yang terletak di pojok.

Selain itu Microsoft juga mengatakan bahwa melakukan perubahan pada Windows app store, dimana mereka akan menggunakan sistem perdagangan yang melibatkan pihak ketiga. Dengan sistem ini, developer bisa menghindari komisi yang diambil Microsoft setiap pembelian game dan aplikasi.

Lebih lanjut acara peluncuran itu akan diadakan secara online. Dalam peluncuran itu, CEO Nadella akan berada di sana, bersama dengan Panos Panay, chief product officer Microsoft.

Windows telah menjadi sumber 14% dari total pendapatan Microsoft. Diketahui perusahaan yang berbasis di Seattle, AS telah membuat dua pembaruan setiap tahun untuk sistem operasi Windows 10 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading