Perkenalkan, Ini Dia Kecanggihan Windows 11 & Updatenya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 June 2021 09:45
FILE PHOTO: The Microsoft logo is pictured at a service centre in New Delhi, India, April 5, 2018. Picture taken April 5, 2018. REUTERS/Saumya Khandelwal

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah beragam spekulasi yang menghampiri beberapa waktu lalu, Windows akhirnya mengonfirmasi kehadiran Windows 11. Pengumuman ini berselang enam tahun sejak Windows 10 diperkenalkan.

"Hari ini menandai sebagai tonggak utama dalam sejarah Windows. Ini adalah awal dari generasi baru," kata CEO Microsoft Satya Nadella, dikutip CNBC Internasional, Jumat (26/6/2021).

Sementara Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay mengungkapkan Windows 11 sebagai "Windows yang akan membawa Anda lebih dekat ke hal-hal yang Anda sukai".

Pembaruan ini membawa sudut yang membulat, wallpaper desktop baru dan menu Start terpusat yang menampilkan aplikasi dan file paling baru digunakan bersama dengan kota pencarian. Ikon Windows juga telah dirapikan menjadi sederhana dengan empat panel berukuran sama.

Sistem operasi terbaru ini juga membawa Windows Widget, yang mengemas ulang berisi berita, cuaca serta informasi lain. Ini diperkenalkan pada orang yang menguji build Windows 10 dalam beberapa bulan terakhir.




Widget tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menawarkan konten yang dipersonalisasi. Semua bisa ditampilkan pada seluruh layar dengan swipe dari kiri ke kanan.

Windows 11 juga memasukkan snap layouts, yang memudahkan memindahkan jendela aplikasi dalam konfigurasi preset. Fitur snap group terbaru pada task bar adalah grup dari aplikasi yang sebelumnya digunakan.

Selain itu saat pengguna Windows 11 menghubungkan tambahan monitor pada PC mereka, sistem operasi akan mengingat aplikasi mana saja yang digunakan sebelumnya.

Panay menambahkan Microsoft jug menggabungkan aplikasi Teams langsung ke Windows. Cara ini dilakukan beberapa bulan setelah Microsoft menambahkan cara untuk memulai video dengan cepat di Windows lewat Skype.

Untuk pengguna yang menggunakan sistem operasi tanpa keyboard, Microsoft memudahkan untuk menyesuaikan ukuran jendela aplikasi. Bagi yang menggunakan stylus, perusahaan juga memasukkan feedback haptic serta keyboard virtual yang muncul di layar juga telah didesain ulang.

Toko aplikasi juga telah dirubah, dan memberikan ruang bagi aplikasi Win32 lebih tradisional, bersama dengan Progressive Web Apps dan Universal Windows Platform. Pengembang juga bisa menggunakan sistem Commerce sendiri, aplikasi dapat disimpan tanpa Microsoft mengambil bagian dari pendapatan dan penjualan.


Sementara itu sistem operasi juga memberikan kinerja lebih saat menjelajah pada browser Microsoft Edge dan memungkinkan masa pakai baterai lebih lama. Panay mengungkapkan pembaruan akan lebih kecil 40%.

Dia mengatakan PC yang menjalankan Windows 11 akan tersedia akhir tahun ini. Pembaruan melalui Windows Update di Pengaturan akan tersedia di musim liburan dan lanjut ke 2022.

Namun bagi mereka yang ingin mencoba versi awal Windows 11 bisa mengaksesnya mulai Minggu depan. Mereka dapat menggunakannya melalui Windows Insider Program.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading