Windows 11 Gratis Sudah Tersedia, Begini Cara Download-nya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 October 2021 08:20
UI Windows 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft sudah meluncurkan sistem operasi (OS) terbarunya Windows 11 secara global. Pengguna komputer dan laptop sudah bisa mendownloadnya secara gratis.

CEO Microsoft, Satya Nadella mengatakan OS anyarnya itu menjadi tonggak sejarah dari Windows. "Hari ini menandai sebagai tonggak utama dalam sejarah Windows. Ini adalah awal dari generasi baru," ujarnya, dikutip CNBC International, Kamis (7/10/2021).

Microsoft menargetkan semua perangkat yang memenuhi syarat yang ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022. Untuk mengetahui perangkat pengguna bisa dapat pembaruan Windows 22 bisa dengan mendownload aplikasi PC Health Check atau menggunakan aplikasi open source bernama WhyNotWin11.


Bila mendapat pembaruan Windows 11 bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pembaruan Windows
  • Pilih Periksa pembaruan.
  • Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11.
  • Klik Unduh dan install.

Windows 11 membawa sejumlah fitur baru mulai dari kemampuan mendownload dan menjalankan aplikasi Android, pembaruan Microsoft Teams, serta menu Start. Berikut 7 fitur yang bisa ditemui pada Windows 11, dikutip dari CNet:

1. Desain

Desain Windows 11 jauh lebih bersih dengan pinggiran membulat dan warna pastel. Selain itu menu Start dan Taskbar tampil di tengah.

2. Integrasi Aplikasi Android

Windows 11 dapat terintegrasi dengan aplikasi Android melalui Amazon App Store. Toko aplikasi ini dapat diakses melalui pembaruan Microsoft Store.

3. Widget

Widget sebenarnya sudah ada di OS sebelumnya termasuk pada pembaruan Windows 10 belum lama ini. Namun untuk Windows 11, pengguna bisa mengaksesnya langsung dari Taskbar dan bisa dipersonalisasikan melihat apapun yang diinginkan.

4. Microsoft Teams

Teams juga masuk dalam pembaruan Windows 11. Platform meeting online ini akan lebih mudah untuk diakses, Cnet mencatat hampir mirip seperti FaceTime milik Apple. Jadi Teams dapat diakses melalui Windows, Mac, Android hingga iOS.

5. Xbox

Fitur Windows 11 akan bisa ditemui di konsol Xbox, yakni seperti Auto HDR dan DirectStorage. Dengan begitu dapat meningkatkan permainan pada PC Windows.

6. Virtual Desktop

Pengguna Windows 11 dapat mengatur virtual desktop, CNet mengatakan yang hampir mirip seperti MacOS. yakni dengan mengubah toggle antara multiple desktop untuk penggunaan personal, kerja, sekolah, atau gaming. Selain itu pengguna juga bisa mengganti wallpaper pada tiap virtual desktop.

7. Transisi dari Monitor ke Laptop

Microsoft memudahkan transisi dari monitor ke laptop pada Windows 11. OS itu memasukkan fitur bernama Snap Groups dan Snap Layouts. Yakni kumpulan aplikasi yang digunakan sekaligus pada Taskbar atau diminimalkan secara bersamaan untuk memuahkan saat peralihan tugas.
Fitur ini juga memungkinkan untuk memasang dan mencabut monitor, tanpa khawatir akan kehilangan lokasi Windows yang sedang dibuka


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading