Internasional

Kejar Apple, Kapitalisasi Pasar Microsoft Tembus Rp 28.000 T

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
23 June 2021 16:52
CEO Microsoft Satya Nadella

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pembuat sistem operasi komputer Windows, Microsoft Inc. yang sahamnya tercatat di Bursa Nasdaq dengan kode MSFT resmi masuk ke dalam kelompok perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar (market cap) melebihi US$ 2 triliun atau setara Rp 28.000 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Raksasa teknologi itu menduduki posisi kedua setelah perusahaan pembuat gadget ternama, Apple Inc.

Perusahaan minyak Arab Saudi, Saudi Aramco juga menduduki posisi strategis tersebut, meskipun kapitalisasi pasarnya per Selasa (22/6/2021) mencapai US$ 1,88 triliun atau tepat di bawah Microsoft.


Kapitalisasi pasar (market capitalization) Microsoft mencapai US$ 2 triliun per Selasa kemarin, sedangkan sahamnya ditutup melesat 1,1% ke level harga US$ 265,51.

Perusahaan mencapai tonggak sejarah barunya ke level market cap US$ 2 triliun hanya dalam waktu 2 tahun, setelah pertama kali melewati batas kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 triliun.

Jumlah ini setara dengan rencana anggaran infrastruktur Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yakni US$ 2 triliun atau setara dengan Rp 28 kuadriliun.

Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi pendorong Microsoft mencapai target tersebut. Pandemi membuat sebagian besar orang terpaksa berkegiatan di rumah, baik belajar, bekerja atau kegiatan lain-lainnya yang otomatis membuat permintaan (demand) terhadap perangkat komputer Microsoft meningkat tajam.

Hal ini juga membuat saham Microsoft menguat tajam, bersama dengan perusahaan teknologi lainnya karena investor mencari saham yang cenderung survive di tengah pandemi.

Saham Microsoft telah melesat hingga 64% sejak Maret 2020. Penguatan ini dimulai pada saat awal pandemi di Amerika Serikat yang membuat berbagai kebijakan pembatasan sosial.

Pada April lalu, Microsoft melaporkan penjualannya naik hingga 19% secara tahunan (year-on-year/YoY) menjadi $ 41,7 pada kuartal pertama tahun 2021.

"Lebih dari setahun memasuki pandemi, kurva adopsi digital tidak melambat," kata CEO Microsoft, Satya Nadella dalam sebuah pernyataan pada saat itu, dikutip dari CNN.

"Kami sedang membangun cloud untuk beberapa dekade ke depan, memperluas pasar kami yang dapat dialamatkan dan berinovasi di setiap lapisan tumpukan teknologi untuk membantu pelanggan kami menjadi tangguh dan bertransformasi." tambahnya.

Saingan terberat Microsoft, yakni Apple Inc. berhasil mencetak kapitalisasi pasar melebihi US$ 2 triliun pada Agustus tahun lalu. Saat ini, market cap Apple mencapai US$ 2,24 triliun.

Kini Microsoft telah bergabung dengan perusahaan-perusahaan teknologi yang market cap jumbo dengan dua perusahaan teknologi besar lainnya, yakni Amazon dan Google.

Per Selasa kemarin, kapitalisasi pasar Amazon mencapai US$ 1,77 triliun dan induk Google, Alphabet mencapai US$ 1,67 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading