Bocoran Orang Dalem Nih! Clubhouse Bakal Punya Fitur DM

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 June 2021 09:45
Infografis: Halo Clubhouse User, Baca Ini Dulu Agar Tak Ada Kesal di Hati

Jakarta, CNBC Indonesia - Clubhouse dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru Direct Messages atau DM dalam platformnya. Kabar ini berasal dari kabar sejumlah pengguna yang tiba-tiba mendapatkan fitur tersebut.

Dalam salah satu unggahan pengguna terlihat jika fitur itu hadir dalam laman utama Clubhouse. Namun tak lama fitur bernama backchannel itu menghilang.

Nampaknya Clubhouse memang sedang membangun fitur DM. Rencana itu juga pernah diungkapkan oleh CEO Paul Davison beberapa waktu lalu.


"...Saya pikir banyak orang yang melakukan DM backchannel sepanjang waktu, begitu banyak orang yang ingin memperdalam persahabatan dan hubungan dengan orang dan melakukan segala macam hal lainnya. Saya pikir ini adalah sesuatu yang harus kita miliki," kata Paul Davison, dikutip laman Tech Crunch, Selasa (22/6/2021).

Namun dia menambahkan untuk membangun fitur yang sesuai dengan pengguna aplikasi tidak akan mudah dan tidak langsung terjadi. Paul juga menolak mengelaborasi jika aplikasi akan menambahkan DM tradisional one-on-one atau fitur dengan teks grup chat yang terbuka.

Saat diminta keterangan soal kehadiran fitur DM ini, Clubhouse tidak membantahnya. Juru bicara perusahaan menyebutkan Clubhouse selalu secara teratur mengeksplorasi dan mengujicovba fitur.

"Fungsi-fungsi ini terkadang jadi bagian dari aplikasi, terkadang tidak," kata dia.

Sementara itu Clubhouse merupakan platform berbasis audio yang cukup viral. Meski baru setahun didirikan, platform ini menarik banyak pengguna bahkan hingga tokoh terkenal seperti Elon Musk juga mendaftar jadi pengguna.

Mungkin ini juga yang membuat sejumlah media sosial lainnya berusaha menyaingi Clubhouse dengan membuat platform tandingan serupa.

Terbaru ada Spotify yang baru saja merilis aplikasi audio live bernama Spotify Greenroom. Platform itu memungkinkan pengguna Spotify di seluruh dunia bergabung atau menyelenggarakan ruang audio live dan secara opsioal mengubah percakapan nya menjadi podcast.

Terbentuknya Greenroom berasal dari Spotify yang mengakuisisi perusahaan aplikasi audio yang berfokus pada olahraga bernama Locker Room. Spotify Greenroom sendiri berdasarkan pada kode Locker Room yang ada.

Spotify juga menyatakan para pengguna Locker Room bisa melihat pembaruan pada aplikasi. Dengan begitu mereka bisa melihat pembaruan merek dan desain untuk pengalaman Greenroom.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading