Wow! Meme 'Doge' Ajing Shiba Inu Laku Terjual Rp 56,8 Miliar

Tech - NPB, CNBC Indonesia
14 June 2021 13:10
Ilustrasi mata uang Dogecoin. (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meme gambar anjing shiba Inu yang menjadi ikon uang kripto 'Doge' berhasil dijual sebagai non-fungiable token atau NFT seharga US$4 juta atau setara Rp 56,8 miliar (asumsi Rp 14.200/US$).

Meme 'Doge' ini pun menjadi NFT termahal sepanjang masa. Pemenang lelang ini adalah pemilik akun @pleasrdao yang mengajukan tawaran sebesar 1.696,9 Ethereum, menurut situs lelang Zora.

Meme itu pertama kali dilelang pada Selasa lalu oleh Atsuko Sato, pemilik Kabosu, pemilik anjing dari gambar tersebut. Penawaran tersebut ditayangkan selama tiga hari sebelum dijual ke @pleasrdao, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (14/6/2021).


Istilah "Doge" berasal dari kartun Flash "Homestar Runner." Dalam episode 2005, karakter tituler Homestar menyebut karakter lain sebagai "D-O-G-E." Lima tahun kemudian, pada 2010, Atsuko Sato memposting gambar Kabosu ke blog pribadinya, tanpa menyadari bahwa foto itu kemudian menjadi meme paling ikonik di internet.

"Saya mengambil foto untuk memperbarui blog saya," kata Atsuko Sato dalam sebuah pernyataan. "Saya mengambil banyak gambar setiap hari, jadi hari itu tidak ada yang luar biasa. Kabosu senang difoto, jadi dia senang kameranya mengarah ke dia."

Foto tersebut menjadi perbincangan di situs-situs seperti Tumblr dan Reddit pada awal 2010-an, dan ketika seorang pengguna Reddit menyebut gambar Kabosu sebagai "Doge," nama itu melekat dan meme pun lahir.

"Ketika saya pertama kali mengetahui tentang meme Kabosu, saya sangat terkejut. Saya takut memikirkan bahwa hanya satu foto yang saya posting dengan santai di blog saya dapat menyebar ke seluruh dunia ke tempat-tempat yang tidak saya ketahui," kata Atsuko Sato.

Meme biasanya diformat dengan gambar Kabosu, cakarnya disilangkan dan sedikit seringai di wajahnya, dikelilingi oleh frasa bahasa Inggris yang rusak seperti "Wow. Jadi menakut-nakuti" dan "Apa yang kamu lakukan?"

Sebagian dari hasil penjualan NFT akan disumbangkan ke beberapa badan amal, termasuk Masyarakat Palang Merah Jepang dan Program Pangan Dunia.

Meme tersebut disertifikasi oleh Know Your Meme, database meme internet, untuk memastikan bahwa meme tersebut dijual oleh pemiliknya yang sah.

NFT adalah semacam sertifikat keaslian digital. NFT adalah serangkaian karakter unik. Karakter terhubung ke blockchain, sekelompok komputer yang bertindak sebagai buku besar digital yang tidak dapat diubah oleh satu komputer pun.

Konsep yang sama memberdayakan cryptocurrency seperti Bitcoin, tetapi sementara semua bitcoin pada dasarnya sama, NFT tidak dapat dipertukarkan, atau unik.

Namun, NFT Doge tidak akan bertindak sebagai hak cipta, menurut Decrypt, situs web yang mencakup cryptocurrency. NFT lebih mirip tanda tangan digital dari pembuat meme, lapor Decrypt, yang mengesahkan keaslian - mirip dengan kartu bisbol bertanda tangan.

Meme lain yang menyaingi Doge termasuk "Disaster Girl," yang dijual seharga 180 Ethereum, bernilai sekitar US$430.000. Lalu "Overly Attached Girlfriend," yang dijual seharga 200 Ethereum, bernilai sekitar $482.000, menurut ke situs lelang Foundation. Sebuah NFT dari "Pepe the Frog" terjual sekitar US$ 1 juta, menurut laporan The Washington Post.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading