Apple Berencana Tak Gunakan Password di Semua Perangkat!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 June 2021 07:00
Apple Car siap meluncur tahun 2024. (Dok: Autoevolution)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nampaknya Apple punya rencana untuk bisa menghapuskan sistem password. Hal ini terjadi selama sesi pengembang perusahaan di WWDC 2021.

Dalam acara itu, perusahaan meluncurkan teknologi otentikasi yang didasarkan pada iCloud Keychain. Caranya saat membuat akun di situs web, pengguna hanya perlu memilih nama pengguna.

Namun yang berbeda, perangkat akan menggunakan Face ID atau Touch ID untuk memverifikasi pengguna. Tidak ada lagi password di sana.


Seluruh kunci sandi akan dibuat dan disimpan dalam perangkat. Setelahnya disinkronkan di seluruh perangkat lain yang terhubung dengan ID Apple pengguna, dikutip dari Uber Gizmo, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Apple, teknologi tersebut berdasarkan teknologi WebAuthn yang telah ada. Jadi seharusnya sudah lebih familiar bagi sejumlah pengembang.

Menurut Garrett Davidson, seorang insinyur otentikasi Apple, cara ini akan lebih mudah, cepat dan aman. Sebab hanya dilakukan dalam satu ketukan saja.

"Karena ini hanya dengan satu ketukan untuk sign ini, secara bersamaan lebih mudah, cepat dan lebih aman dari pada semua bentuk otentikasi umum saat ini," ungkapnya.

Namun keberhasilan fitur masih bergantung pada pengembang yang akan mengadopsinya nanti.

Sementara itu dalam gelaran yang sama, Apple juga memperkenalkan fitur baru dalam iOS 15 yang akan dirilis beberapa bulan lagi. Pembaruan itu termasuk pada FaceTime.

Salah satunya FaceTime kali ini tidak hanya dapat digunakan dalam ekosistem APple saja. Namun bisa terhubung dengan pengguna non-iOS yakni Android dan Windows.

Dengan begitu FaceTime akan seperti platform Zoom. Jadi saat akan melakukan sambungan telepon, akan membagikan link untuk panggilan terjadwal.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading