WWDC 2021

Sederet Update Apple, Dari iOS 15 Hingga Kontrol Privasi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 June 2021 17:25
Apple Car siap meluncur tahun 2024. (Dok: Autoevolution)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gelaran konferensi pengembang dunia Apple atau Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 resmi dimulai tadi malam. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam keynote dibeberkan sejumlah hal baru yang akan datang ke perangkat di masa depan.

Paling utama adalah iOS 15 dan pembaruan yang ada dalam fitur-fiturnya nanti. Selain itu juga ada iPad OS teranyar hingga pembaruan dalam privasi. Lalu apa saja yang diumumkan Apple tadi malam? Berikut rangkumannya dikutip dari Tech Crunch, Selasa (8/6/2021).


iOS 15
iOS 15 mulai diperkenalkan tadi malam. Pembaruan akan hadir dalam beta publik Juli mendatang dan baru akan dirilis secara full.

Salah satu yang diperkenalkan adalah pembaruan pada FaceTime. Apple membawa audio spasial, isolasi suara, mode potrait, link FaceTime, Share Play.

Selain itu juga ada mode Fokus, dimana pengguna bisa menyesuaikan aplikasi terkait aktivitas yang dilakukan. Misalnya 'work' hanya akan menampilkan aplikasi pekerjaan begitu pula dengan mode personal.

Pengelompokan notifikasi juga diluncurkan yakni akan mengirimkan notifikasi pada waktu tertentu.

Dalam Live Text, kamera akan mengenali teks pada foto baik tulisan tangan atau dicetak dan membuatnya bisa dipilih, dicari, hingga disalin. Kamera juga akan mengenali hal lain termasuk ras, hewan dan landmark.

Sementara Apple Wallet bisa menggabungkan berbagai kunci rumah, kantor hingga hotel. Jadi dapat membuka pintu dengan ponsel.

Di dalam Maps juga ada penambahan peta 3D, landmark dirender 3D, penyebrangan, dan jalur sepeda.

Pembaruan Airpods Pro
Airpods Pro membawa sejumlah pembaruan. Pertama mode percakapan yakni dapat meningkatkan volume suara dan mengontrol noise di sekitar saat melakukan percakapan tatap muka dalam lingkungan yang berisik.

Selain itu, jika Airpods hilang dapat ditemukan melalui aplikasi Find My. Ini bisa dilakukan jika perangkat ada dalam case dan akan memberitahukan pemilik jika meninggalkannya. Audio spasial juga hadir dalam tvOS dan Mac yang telah mendukung M1.

iPadOS
Pada iPadOS akan mendapatkan home screen widget. Tampilannya akan serupa seperti yang ditemui di iOS dengan tambahan widget berukuran lebih besar.

Selain itu konsep App Library juga mulai dari iOS ke iPadOS. Menu Multitasking terbaru juga akan lebih sederhana saat menangani Multitasking pada iPadOS dan menjauhkan sistem dari gerakan yang sering tidak dingat.

Aplikasi Notes juga memungkinkan melakukan mention seseorang dalam catatan. Dengan begitu akan mendapatkan perhari an mengenai perubahan dan menyoroti perubahan saat kembali ke dokumen bersama.

Ada juga Quick Notes untuk mwmbuat catatan dan manapun dengan menggeser layar ke atas dari sudut kanan bawah layar. Selain itu juga ada terjemahan teks pada seluruh sistem serta Swift Play ground membuat aplikasi di iPad dan mengirimkan ke App Store.


Pembaruan Keamanan

Apple mengumumkan aplikasi email secara otomatis akan mengabulkan alamat atau lokasi IP dari pelacakan piksel yang terlihat suka diselipkan oleh marketing pada email. Selain itu hadir opsi Laporan Privasi Aplikasi pada Pengaturan dengan begitu dapat merangkum seberapa sering aplikasi mengakses seperti lokasi dan foto.

Untuk Siri pengenalan suara akan hadir pada perangkat, menyimpan rekaman audio dari server Apple dan memungkinkan memerintah Siri tanpa terhubung dengan internet.

Pengguna juga bisa menambahkan kontak pemulihan pada akun iCloud. Dengan begitu dapat memilih teman yang bisa membantu masuk pada akun iCloud apabila terkunci. Selagin itu juga bisa memilih kontak Legacy untuk meminta akses ke data iCloud apabila pengguna meninggal.

Pembaruan Kesehatan
Apple menambahkan kemampuan untuk bisa menganalisa gaya berjalan hingga waktu langkah pengguna. Dengan begitu bisa menandakan resiko jatuh yang meningkat seiring waktu.

Pada Tren di aplikasi kesehatan akan menyoroti pola untuk jumlah langkah hingga detak jantung. Pilihan berbagi keseharian terbaru juga membuat pengguna bisa membagikan data secara aman dengan orang lain seperti orang tua atau anak-anak pengguna.

WatchOS
Pada WatchOS, dapat melacak laju pernapasan yakni berapa banyak napas yang diambil permenit. Selain juga mencatat saat bagaimana bernapas secara berbeda sepanjang hari. Apple juga menambahkan mode latihan baru termasuk Tai Chi dan Pilates.

Tampilan jam Potret akan menggunakan foto mode potret dan memuat tata letak jam rapi dan tampak berlapis.

Siri
Apple menyebutkan membuka Siri untuk produsen pihak ketiga dan perangkatnya. Dengan begitu asisten virtual Apple dapat berbicara pada perangkat lain seperti ecobee thermostats pada akhir tahun ini.

macOS
Rilis utama berikutnya disebut macOS Monterey. SharePlay juga hadir di macOS jadi akan bisa menonton video dan mendengarkan musik secara bersamaan dengan teman lewat FaceTime.

Universal Control membuat pengguna bisa menggunakan satu pengaturan untuk keyboard atau mouse pada beberapa Mac dan iPad. Mac juga akan mendapatkan AirPlay memungkinkan mengirim konten ke layar Mac seperti layaknya Apple TV.

Sistem otomatis Shortcuts dari iOS juga hadir di macOS. Dengan begitu bisa menarik dan melepas scripts bersamaan dengan melakukan hal yang kerap dilakukan.

Safari juga mendapat perbaikan UI. Tab dibuat levih kecil dan memperkenalkan grup tab, jadi dapat menjaganya lebih teratur. Grup tab juga otomatis sinkro antara perangkat iCloud.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading