Telkomsel Sudah Mulai Layanan 5G, Indosat Nyusul?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 June 2021 18:55
Infografis: Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G, Agar Nikmati Internet Ngebut

Jakarta, CNBC Indonesia - Indosat nampaknya segera menyusul Telkomsel untuk menggelar 5G. Sebab Indosat diketahui juga sedang dalam proses mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

"Masih dalam proses untuk finalisasi penetapannya. Menyusul Telkomsel, Indosat telah pula mengajukan permohonan," kata Koordinator Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Adis Alifiawan pada diskusi FMB 9, dikutip dari keterangan yang diterima CNBC Indonesia, Senin (7/6/2021).

Dia juga mengharapkan operator seluler lain bisa mengikuti langkah Telkomsel untuk menyelenggarakan jaringan teknologi komunikasi 5G. Dengan begitu Indonesia bisa segera menggunakan jaringan 5G.


"Kami harapkan juga operator seluler lain juga mengikuti segera mengikuti agar Indonesia
segera take off menggunakan jaringan 5G," ungkapnya.

CNBC Indonesia juga sudah mencoba menghubungi SVP Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang mengonfirmasi hal tersebut. Namun belum ada tanggapan dari permintaan tersebut.

Saat dihubungi beberapa waktu lalu, Steve hanya mengatakan masuh melakukan komunikasi dengan Kominfo terkait proses ULO 5G.

"Kami masih terus berkomunikasi intensif dengan Kemkominfo untuk seluruh proses ULO 5G," kata Steve saat itu.

Jika kabar ini benar, maka tak butuh lama lagi Indosat bisa menggelar 5G. Sebab saat Uji Laik Operasi (ULO) Telkomsel, hanya membutuhkan beberapa hari saja yakni dari 19-20 Mei 2021.

Berdasarkan ULO itu, Telkomsel dinyatakan 'LAIK' menggelar 5G di Indonesia. Dalam tahapan ULO, Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan pengujian teknis atas sarana dan prasarana Telkomsel melakukan gelaran jaringan.

"Penerbitan SKLO menandakan kesuksesan persiapan PT Telkomsel untuk memulai jaringan 5G, yang khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz, dengan lebar pita 30 MHz dalam rentang 2.300 MHz sampai dengan 2.330 MHz," kata dia beberapa waktu lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading