Telkomsel Gelar Internet 5G, Bagaimana dengan Indosat?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 May 2021 10:50
[TOPIK] 5G (1100x429)

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel bersiap menggelar jaringan 5G. Sementara untuk Indosat masih melakukan komunikasi dengan Kementerian Kominfo.

SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo, Steve Saerang mengatakan komunikasi itu dilakukan untuk seluruh proses Uji Layak Operasi atau ULO 5G.

"Kami masih terus berkomunikasi intensif dengan Kemkominfo untuk seluruh proses ULO 5G," kata Steve kepada CNBC Indonesia, Selasa (25/4/2021).


Sementara itu Telkomsel telah melakukan ULO pada minggu lalu. Uji tersebut dilakukan dengan melakukan pengujian teknis sarana dan prasarana Telkomsel dalam penggelaran 5G.

Hari Senin (24/5/2021) kemarin juga diumumkan operator seluler itu telah mengantongi Commercial Operation Permit 5G.

Pengumuman itu dilakukan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnnya Plate. Menurutnya dengan adanya ijin tersebut jadi satu perkembangan dan pencapaian penting bagi gelaran teknologi telekomunikasi Indonesia.

"Penggelaran 5G juga menandai bahwa mulai saat ini Indonesia memasuki tahapan simultan operasi 4G dengan 5G," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menyatakan dengan ijin tersebut menjadi milestone untuk perusahaannya. Jadi penanda jika Telkomsel bisa menggelar 5G komersial secara undang.

Telkomsel secara resmi akan meluncurkan 5G pada 27 Mei nanti. Ada sejumlah wilayah di yang akan mencicipi jaringan ngebut itu pertama kalinya.

Di Jabodetabek, akan ada di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera. Sementara untuk daerah lain adalah di Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, SUrabaya, Makassar dan Bandung.

"Seiring dengan penyerapan implementasi dari network yang tersedia keekonomian terus mengembangkan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," jelas Setyanto.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading