Operator Seluler Lain Mau Selenggarakan 5G? Ini Aturannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 May 2021 17:30
FILE PHOTO: A journalist uses his mobile phone to take a picture of the 5G logo prior to the auction of spectrum for 5G services at the Bundesnetzagentur head quarters in Mainz, Germany, March 19, 2019.  REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel sebentar lagi akan menggelar 5G secara komersial di Indonesia. Bagi operator yang ingin melakukan operasi komersial jika telah mengantong ijin dari Kementerian Kominfo.

"Hanya boleh operasi komersial jika telah mendapatkan commersial operating permit," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate dalam Konferensi Pers, dikutip dari kanal Youtube Kementerian Kominfo, Senin (24/5/2021).

Dia mengatakan jika para operator seluler tahu dan mengerti soal aturan itu. Namun menurutnya jika ada yang memaksakan menjadi aksi illegal.


"Kalau itu dipaksakan jadi aksi illegal di bidang pertelekomunikasian nasional. Saya meyakini perusahaan operator seluler sebagai perusahaan berkeas tidak akan melakukan itu," ungkapnya.

Sebelum mengantongi ijin, operator seluler harus melakukan proses uji laik operasional. Uji ini memastikan yang dibangun memiliki kualitas layanan yang baik, sejalan dengan regulasi, dan perlindungan konsumen.

Telkomsel juga melewati proses uji tersebut minggu lalu. Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli mengatakan dengan data yang ada menyatakan Telkomsel layak melakukan komersialisasi Telkomsel.

"360 halaman ini yang kita periksa dari semua data satu persatu. Dengan data itu, kita nyatakan Telkomsel laik melakukan tindakan komersia," kata Ramli.

Sedangkan untuk Tingkat komponen dalam negeri atau TKDN perangkat 5G akan mengikuti 4G. Nantinya akan dibicarakan secara tekni dan detail antara Kementerian Kominfo dan Kementerian Perindustrian.

"Mengajak pelakunya, baik operator seluler, masyarakat, maupun industry peralatannya sendiri," kata Johnny.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkomsel Rilis 5G di 6 Wilayah Jabodetabek 27 Mei 2021


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading